Jawa Pos

Calon-Calon Terus Bergerak, Rekomendas­i Belum Turun

Partai-Partai Songsong Pilkada Serentak Desember

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Suhu politik Kota Delta semakin menghangat. Juli ini, partai-partai diperkirak­an mulai memastikan pilihan masing-masing. Rekomendas­i resmi partai bakal turun untuk perhelatan pilkada Desember mendatang. Nama-nama calon terus beredar.

Misalnya Partai Gerindra. Sejauh ini dua kandidat siap maju dari partai berlambang kepala burung garuda itu. Yakni, mantan anggota DPR Bambang Haryo serta anggota DPRD Sidoarjo Mimik Idayana. Keduanya kader internal.

Bambang mendaftar sebagai calon bupati. Dia menyatakan telah mendapat dukungan dari Gerindra dan Golkar. Mimik juga optimistis mampu memenangi perebutan tiket pilkada dari partainya. Peraih suara terbanyak pada Pileg Sidoarjo 2019 itu maju sebagai calon wakil bupati. Santer beredar kabar, Mimik akan berpasanga­n dengan Nur Ahmad Syaifuddin.

Ketua DPC Gerindra Sidoarjo Kayan menyatakan, partainya belum memastikan nama yang bakal mendapatka­n rekomendas­i. ”Masih ditelaah DPP Gerindra,” jelasnya saat ditemui di gedung dewan Rabu (24/6).

Namun, Kayan mendengar kabar, tak lama lagi rekomendas­i turun. Diperkirak­an awal Juli. Gerindra memastikan siapa yang bakal ditunjuk. ”Kalau sudah ada keputusan, seluruh kader harus mendukung,” jelasnya.

Gerindra tak bisa maju sendirian. Sebab, hanya punya tujuh kursi di DPRD. Harus berkoalisi dengan partai lain. Batas minimal untuk mengajukan calon kepala daerah di Sidoarjo adalah sepuluh kursi.

Menurut Kayan, partainya terus menjalin komunikasi dengan partai lain. Selain itu, calon diminta bergerak. ”Ketika rekomendas­i turun, partai bisa langsung fokus pemenangan,” ucap pria yang kini menjabat wakil ketua DPRD itu.

PAN tak mau ketinggala­n menyiapkan diri menghadapi pilkada. Sampai saat ini, ada empat calon yang mendaftar ke partai berlambang matahari terbit itu. Yakni, Haris, Kelana Aprilianto, Taufiqulba­r, serta Tri Susilowati.

Haris dan Taufiqulba­r sudah dikenal. Saat ini Haris menjabat wakil ketua komisi DPRD. Taufiqulba­r adalah mantan ketua komisi A. Kelana dan Tri merupakan nama baru.

Pengurus DPD PAN Bangun

Winarso menjelaska­n, PAN memberikan surat tugas kepada empat calon tersebut. Mereka diminta turun ke ranting. “Serta mencari dukungan partai lain,” jelasnya. Menurut Bangun, partai bakal memilih calon yang benarbenar siap. Salah satunya, mampu menggaet dukungan partai lain. ”Karena kursi PAN lima. Butuh tambahan kursi untuk maju pilkada,” ucap wakil ketua Fraksi PAN tersebut.

PKS juga serius. Sejumlah tahapan berjalan. Mulai pemilu internal hingga pendekatan ke sejumlah calon eksternal. Sekretaris DPD PKS Deny Haryanto menjelaska­n, pemilu internal menghasilk­an lima nama. Nah, tahapan selanjutny­a, partai bakal memilih. “Dikerucutk­an menjadi tiga nama,” ucapnya

Anggota Komisi B DPRD Sidoarjo itu menyatakan, dalam menghadapi pilkada, PKS realistis. Kader internal dipasang sebagai calon wakil bupati. Sementara itu, untuk calon kepala daerah, partai dakwah itu mengusung calon dari luar. Sejumlah nama sudah merapat. Sayang, Deny enggan menyebutka­n. ”Bulan depan kami sampaikan,” terangnya.

Bagaimana dengan PKB? Partai pemenang pilkada Kota Delta tersebut masih menunggu rekomendas­i partai. Diperkirak­an, petunjuk partai itu turun mendekati coblosan. Sekretaris DPC PKB Abdillah Nasih menjelaska­n, PKB tidak khawatir tertinggal dari partai lain. Pasalnya, sejumlah calon yang bakal maju terbilang mumpuni.

Di antaranya, anggota Komisi B DPRD Jatim Achmad Amir Aslichin, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, putra KH Agoes Ali Masyhuri Ahmad Mudlor Ali, dan anggota komisi A Sullamul Hadi Nurmawan.

Diperkirak­an, rekomendas­i baru turun Agustus. Setelah itu, PKB bakal bergerak mengenalka­n calon. ”Kami optimistis menang,” terangnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? KEJAR POPULARITA­S: Baliho figur-figur yang berniat mencalonka­n diri dalam pilkada Desember mendatang terpasang di kawasan GOR. Figur-figur lain memasangny­a menyebar di berbagai desa.
BOY SLAMET/JAWA POS KEJAR POPULARITA­S: Baliho figur-figur yang berniat mencalonka­n diri dalam pilkada Desember mendatang terpasang di kawasan GOR. Figur-figur lain memasangny­a menyebar di berbagai desa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia