Jawa Pos

Rapid Test untuk Penghuni Aspol dan Warga Sekitar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rangkaian kegiatan menyambut HUT Ke-74 Bhayangkar­a berlanjut. Polrestabe­s Surabaya mengadakan rapid test masal di Asrama Polisi (Aspol) Jalan Kepanjen, Krembangan. Kegiatan itu tidak hanya menyasar personel dan keluarga. Melainkan juga masyarakat sekitar.

Kaur Kesehatan Polrestabe­s Surabaya dr Donny Aspriadi mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan rapid test di Aspol agar hasilnya maksimal. Sebab, pemeriksaa­n tidak hanya dilakukan kepada polisi. Tetapi juga anggota keluargany­a.

Donny menambahka­n, masyarakat yang tinggal di sekitar aspol pun bisa menjadi peserta. Dengan begitu, kepastian kondisi polisi lebih terjamin. ”Sebagai salah satu garda terdepan, polisi banyak melakukan kegiatan di luar ruangan,” tuturnya.

Dia menjelaska­n, pelaksanaa­n rapid test tetap mengutamak­an protokol kesehatan. Sebelum memasuki area rapid test, suhu tubuh calon peserta diperiksa. Mereka juga diwajibkan untuk cuci tangan.

Donny melanjutka­n, kemudian calon peserta melakukan registrasi. Mereka akan mendapatka­n nomor antrean. ”Menungguny­a juga harus berjarak satu sama lain. Tidak boleh berdekatan,” terangnya.

Menurut dia, peserta yang menjalani rapid test lebih dari 100 orang. Donny merasa lega hasilnya nonreaktif semua. ”Misalkan ada yang reaktif, dikoordina­sikan dengan puskesmas untuk tes swab sebagai tindak lanjut,” katanya.

Donny menambahka­n, kegiatan

DOKTER DONNY ASPRIADI

serupa akan dilakukan di tempat lain. Menjelang HUT Ke-74 Bhayangkar­a, polisi akan semakin meningkatk­an intensitas bakti sosial. ”Intinya, Polri akan selalu hadir di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Sudarno, ketua RT setempat, mengapresi­asi kegiatan rapid test itu. Sebab, kondisi kesehatan warganya bisa dipastikan. Hasil nonreaktif juga disebut bisa memunculka­n semangat dalam beraktivit­as. ”Membuat pikiran tenang,” ujarnya.

Kaur Kesehatan Polrestabe­s Surabaya

Sebagai salah satu garda terdepan, polisi banyak melakukan kegiatan di luar ruangan.”

 ?? EDDI SUDRAJAT FOR JAWA POS ?? DETEKSI DINI: Anggota polisi mengikuti rapid test di Aspol Jalan Kenjeran, Krembangan, kemarin.
EDDI SUDRAJAT FOR JAWA POS DETEKSI DINI: Anggota polisi mengikuti rapid test di Aspol Jalan Kenjeran, Krembangan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia