Jawa Pos

Parpol Terus Cari Dukungan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Partai politik (parpol) makin disibukkan agenda pemenangan dalam menghadapi pemilihan wali kota (pilwali). Di PKB, kader dan pengurus kian intens mengunjung­i para tokoh dan pemuka agama untuk mengalang dukungan bagi Machfud Arifin yang diusung sebagai calon wali kota.

Ketua DPC PKB Surabaya Musyafak Rouf menyatakan, kegiatan safari ke para tokoh dan pemuka agama menjadi salah satu agenda rutin partainya. Sebab, mayoritas konstituen partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu memang berasal dari kalangan ulama. ’’Kalau berbicara soal pengaruh, ya cukup signifikan,’’ ujarnya kemarin (27/6).

Menurut Musyafak, karakter pemilih setiap partai berbeda. Basis suaranya tidak sama. Karena itu, ada pembagian tugas bersama partai koalisi yang lain. Basis suara setiap partai harus dioptimalk­an.

Dari lima anggota dewan dari Fraksi PKB, hampir semua karakter pemilihnya sama. Namun, Musyafak tidak mau menyebutka­n secara detail karakter pemilih yang dimaksud. ’’Bukan hanya kalangan nahdliyin. Tapi, mosok ngene iki dijelasno. Ini kan masuk strategi pemenangan,’’ tegasnya.

Secara terpisah, belum ada aktivitas yang signifikan terkait dengan pilwali di kubu PDIP. Para kader dan pengurus masih sibuk mengadakan bakti sosial (baksos) untuk warga terdampak pandemi Covid-19. ’’Karena toh sekarang situasinya masih pandemi. Jadi, itu dulu yang kami kerjakan,’’ kata Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijon­o.

Politikus yang akrab disapa Awi tersebut menegaskan, mesin partai PDIP dipastikan sudah siap. Ibarat kendaraan, para kader dan pengurus tinggal menunggu perintah dan instruksi dari DPP untuk bergerak. ’’Semuanya masih menunggu. Baik menunggu instruksi, arahan, maupun rekomendas­i dari DPP,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia