Jawa Pos

Rencanakan Jembatan Senilai Rp 4 T

-

LAMONGAN, Jawa Pos – Proyek besar untuk mengatasi banjir di Lamongan segera diwujudkan. Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana mendirikan jembatan di sekitar sudetan daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo di Desa Plangwot, Kecamatan Laren.

”Informasi yang kami terima nanti dibuatkan jembatan juga di sana. Anggaranny­a sekitar Rp 4 triliun,’’ tutur Kasi Rehabilita­si dan Operasi Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Djadi kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin (27/6). Nanti jembatan yang sudah ada digeser ke utara. Untuk pembanguna­nnya, direncanak­an dimulai tahun depan. Namun, Djadi belum mengetahui secara detail berapa lama pengerjaan­nya.

”Yang jelas nanti proyek jembatan jangka panjang,’’ tambah Djadi. Dinas PUSDA menyambut positif rencana tersebut. Sebab, jika jembatan direalisas­ikan, pihaknya akan mendukung mobilisasi dari arah Lamongan menuju ke pantura. ”Supaya yang melintas di sana, kendaraann­ya bisa memuat apa saja. Sementara ini, kan dibatasi (muatannya, Red),’’ katanya.

Selain itu, lanjut Djadi, di sekitar sudetan DAS Bengawan Solo di Plangwot bakal dibangun saluran. Tujuannya, meminimalk­an luapan air dari DAS Bengawan Solo. ”Nanti kanan-kiri dibuatkan saluran gendong. Biar tidak banjir di Kali Asinan,’’ tukasnya.

Kini Kementeria­n PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo memperleba­r sudetan di DAS Bengawan Solo, Plangwot. Proyek tersebut diharapkan mampu mengatasi banjir yang kerap melanda sejumlah desa di Kecamatan Laren. ”Alhamdulil­lah, dari pusat memberikan perhatian terhadap pengentasa­n banjir di Lamongan,’’ ujar Djadi.

 ?? ANJAR DWI P/JAWA POS RADAR LAMONGAN ?? PROYEK PUSAT: Sudetan DAS Bengawan Solo di Plangwot kini diperlebar. Tahun depan ada wacana pembanguna­n jembatan di sekitar Plangwot.
ANJAR DWI P/JAWA POS RADAR LAMONGAN PROYEK PUSAT: Sudetan DAS Bengawan Solo di Plangwot kini diperlebar. Tahun depan ada wacana pembanguna­n jembatan di sekitar Plangwot.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia