Jawa Pos

Rekom DPP PKS untuk Pilwali Sudah Turun

-

KOALISI yang dibentuk bacawali Machfud Arifin di pilwali Surabaya semakin besar. DPP PKS Surabaya sudah mengeluark­an rekomendas­i untuk bergabung kemarin.

Sebelum PKS bergabung, koalisi itu sudah diisi berbagai partai. Yakni, PKB, Partai Demokrat, Nasdem, PPP, PAN, Golkar, dan Gerindra. Masingmasi­ng partai memiliki jagoan untuk dicalonkan bersama Machfud.

Ketua DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto sudah bertemu dengan Machfud. Saat itu, rekom partai belum resmi turun. Nah, kemarin dia mendapat kepastian bahwa rekom dari DPP PKS sudah turun. ”Suratnya sudah dikeluarka­n DPP. Kemungkina­n besok saya akan dipanggil DPW atau nanti orang DPW yang ke kami,” ujar Suyanto kemarin.

Survei internal PKS sudah diumumkan. Saat ini kader yang diajukan mengerucut ke dua nama. Selain Suyanto, ada juga Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti.

Suyanto menegaskan bahwa dua nama itu harus siap dicalonkan. Konsekuens­inya adalah mundur dari anggota dewan. ”Terkait siapa nanti yang ditunjuk masih sangat dinamis. Intinya, semua harus siap,” jelas anggota Komisi A DPRD Surabaya itu.

Partai yang tersisa di parlemen kini tinggal PSI. Mereka tidak mungkin mengusung calon sendiri. Sebab, mereka hanya memiliki 4 kursi. Syarat minimal pencalonan adalah 10 kursi.

”Kami belum ke arah sana. Ini masih konvensi,” ujar Ketua Fraksi PSI Surabaya kemarin. Jadwal konvensi dengan agenda debat calon itu masih dibahas. Sangat mungkin acara secara daring itu digelar Sabtu (4/7).

Mereka adalah Budi Santoso, Zahrul Azhar Asumta, Sally Azaria, Firmansyah Ali, Dwi Asturik, dan Andi Budiman. Sebenarnya, ada juga nama Gunawan di peserta konvensi. Namun, PSI mencoret namaGunawa­nkarenasud­ahmemutusk­an maju lewat jalur independen.

Setelah konvensi tersebut, PSI baru bisa menentukan sikap akan bergabung ke mana. Mereka bisa bergabung ke kubu MA atau PDIP yang sampai sekarang belum mengumumka­n nama calon yang diusung.

 ?? DPC PDIP FOR JAWA POS ?? AKSI SIMPATIK: Kader PDIP membagikan ribuan masker gratis sebagai tanda launching Badan Penanggula­ngan Bencana (Baguna) di Mojoklangg­ru kemarin. Foto kanan, Machfud Arifin berbicara di depan relawan di kantor pemenangan­nya, Jalan Basuki Rahmat, Senin (29/6).
DPC PDIP FOR JAWA POS AKSI SIMPATIK: Kader PDIP membagikan ribuan masker gratis sebagai tanda launching Badan Penanggula­ngan Bencana (Baguna) di Mojoklangg­ru kemarin. Foto kanan, Machfud Arifin berbicara di depan relawan di kantor pemenangan­nya, Jalan Basuki Rahmat, Senin (29/6).
 ?? DKIMAS MAULANA/JAWA POS ??
DKIMAS MAULANA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia