Jawa Pos

Sulit Verifikasi Data Kurang Lengkap

-

DATA pendukung pasangan calon independen yang tidak lengkap masih terus ditemui petugas panitia pemungutan suara (PPS). Misalnya, hanya nama jalan dan tidak ada nomor rumah.

Komisioner Bawaslu Surabaya Hidayat mendapatka­n laporan-laporan tersebut. Nama jalan tidak dilengkapi dengan nomor rumah. ”Petugas pun kesulitan untuk menemukan orang yang berada di alamat tersebut. Apalagi ini terbatas waktu juga,” ungkap Hidayat kemarin (30/6). Dia melakukan supervisi verifikasi calon perseorang­an itu di Jambangan.

Laporan lain yang cukup menyulitka­n petugas di lapangan adalah petugas tak boleh masuk ke suatu gang atau jalan. Bisa jadi, mereka tidak diperboleh­kan karena kampung sedang ditutup akibat pandemi Covid-19.

”Bisa jadi karena ada faktor yang lain. Titik rawannya benturan sosial. Social interest kepentinga­n partai politik yang lain bisa saja. Daerah basis bisa jadi nggak boleh dimasukin,” kata dia.

PPS yang diawasi oleh pantia pengawas lapangan dari Bawaslu Surabaya itu harus memverifik­asi 137.297 data pendukung pasangan calon M. YasinGunaw­an. Mereka sudah lolos dalam verifikasi administra­si.

Gunawan menuturkan tak yakin bila data yang harus diverifika­si itu tanpa alamat yang lengkap. Sebab, dalam aplikasi silon harus lengkap sampai nomor rumah. ”Kan ada data KTP juga. Jadi, bisa dicek lengkap alamatnya,” ungkap Gunawan kemarin. Dia menyebutka­n hampir seharian berkelilin­g untuk ikut serta memantau verifikasi faktual tersebut.

Selain itu, dia sedang mempersiap­kan verifikasi faktual lanjutan. Sebab, ada orang-orang yang tidak bisa ditemui PPS. Karena itu, orang-orang tersebut perlu dikumpulka­n di satu tempat. ”Bisa jadi dalam tiga bulan ini kan ada yang pindah rumah, pindah kerjaan,” kata Gunawan.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? CEK LAPANGAN: Komisioner Bawaslu Surabaya Divisi PHL Hidayat (kiri) saat supervisi kesiapan pilwali dengan didampingi Ketua Panwas Jambangan Andik Suyono.
FRIZAL/JAWA POS CEK LAPANGAN: Komisioner Bawaslu Surabaya Divisi PHL Hidayat (kiri) saat supervisi kesiapan pilwali dengan didampingi Ketua Panwas Jambangan Andik Suyono.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia