Jawa Pos

Disbudpar Serahkan Pengelolaa­n TWA ke Dishub

Bakal Jadi Tempat Relokasi Angkot di Jalan Sidorame

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pemkot Surabaya mempunyai rencana anyar terkait dengan Terminal Wisata Ampel (TWA). Area parkir kendaraan peziarah bakal dikelola secara penuh oleh Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya. Selain wisata, TWA akan dipakai untuk terminal umum.

Kepala UPTD THP Kenjeran Wisata Air Kalimas dan Wisata Religi Ampel Saidatul Mahruna menjelaska­n bahwa proses serah terima aset sedang berjalan. Sudah ada pembahasan bersama dishub. ”Memang masih belum final. Namun, sudah ada rapat,” kata Saidatul.

Bukan saja area parkir. Menurut dia, seluruh prasarana di TWA juga akan dikelola dishub sepenuhnya. Termasuk kantor, toilet, dan kios. ”Meski sudah tak berkantor di Ampel, kami tetap memantau,” kata Saidatul. Dia mengaku belum tahu bagaimana rencana ke depan terkait dengan terminal tersebut. Sebab, hal itu merupakan wewenang dishub sepenuhnya.

Kabid Angkutan Dishub Surabaya Sunoto membenarka­n soal rencana serah terima aset. Menurut dia, upaya tersebut sudah menjadi kesepakata­n bersama. ”Soal ke depannya, kami sudah memiliki beberapa gambaran,” kata Sunoto.

Menurut dia, TWA akan semakin ramai. Sebab, lokasi tersebut tidak saja digunakan untuk bus luar kota. Nanti terminal juga dipakai untuk ngetem angkot D yang biasa mangkal di Jalan Sidorame. Sunoto menjelaska­n bahwa terminal akan ditata ulang. Terutama bagian depan. ”Ada sekitar 40 angkot yang direlokasi. Namun, jadwalnya masih menyusul,” kata Sunoto. Dia mengaku optimistis para sopir angkot setuju. Sebab, TWA merupakan lokasi strategis. Nanti angkot tidak saja melayani penumpang umum. Mereka bisa membawa peziarah yang ingin berkunjung ke Makam Sunan Ampel.

 ??  ??
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BELUM BISA DILAKSA NAKAN: Penataan TWA masih tertunda karena anggaranny­a dialihkan untuk penanganan Covid-19.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BELUM BISA DILAKSA NAKAN: Penataan TWA masih tertunda karena anggaranny­a dialihkan untuk penanganan Covid-19.
 ??  ?? AKBP GANIS SETYANINGR­UM, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak
AGUS WIDIYARTA Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Timur
AKBP GANIS SETYANINGR­UM, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AGUS WIDIYARTA Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Timur

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia