Jawa Pos

PSSI Hanya Fokus ke Timnas

Persiapan Piala Dunia U-20 Diambil Alih Kemenpora

-

JAKARTA, Jawa Pos – PSSI bukan lagi pihak yang dominan untuk urusan persiapan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Sebab, setelah Kemenpora melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo serta Ketua Umum PSSI Moch. Iriawan kemarin (1/7), akhirnya diputuskan persiapan Piala Dunia U-20 tahun depan diambil alih pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora.

Hal tersebut dijelaskan secara langsung oleh Menpora Zainudin Amali setelah ratas dengan Presiden Jokowi kemarin. Dia menjelaska­n, Inafoc (Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee) alias panitia persiapan Piala Dunia U-20 resmi diambil alih pemerintah. ’’Karena ini seluruh pembiayaan­nya akan menggunaka­n APBN, untuk panitia penyelengg­ara yang ada unsur pemerintah, yakni Inafoc, akan dipimpin oleh menteri,’’ tegasnya.

Menteri yang ditunjuk adalah dirinya sendiri. Dia menuturkan, hal tersebut sudah sesuai dengan hasil ratas dengan Presiden Jokowi. Keputusan itu mengubahwa­canasebelu­mnya bahwa Inafoc akan dipimpin PSSI. ’’Sementara PSSI akan berfokus pada persiapan untuk prestasi timnas Indonesia yang jadi tanggung jawab ketua umum PSSI,’’ katanya.

Ya, keputusan tersebut memang mengubah semua rencana PSSI. Terutama soal persiapan Piala Dunia U-20. PSSI bahkan sudah membentuk kepanitiaa­n yang dipimpin Wakil Ketua Umum Iwan Budianto. Namun, dengan keluarnya keputusan ratas, semua rencana PSSI itu dipastikan buyar.

Zainudin menjelaska­n masalah susunan Inafoc. Sejauh ini, pihaknya masih berdiskusi lebih dulu. Namun, dia menjanjika­n susunan kepanitiaa­n tidak sepenuhnya berasal dari Kemenpora. Kementeria­n lain atau PSSI juga terlibat di dalamnya. ’’Sesmenpora akan rapat untuk merampungk­an surat keputusan melalui keppres. Kemudian, saya akan melengkapi kepanitiaa­n selanjutny­a,’’ paparnya.

Pria 58 tahun itu berjanji mengganden­g pihak-pihak yang dinilai kredibel dalam kepanitiaa­n. ’’Bukan seperti membuat panitia 17-an. Jadi, saya akan lihat siapa yang berkompete­n untuk terlibat. Tidak didominasi unsur Kemenpora. Ada TNI, Polri, dan berbagai orang di bidang yang dianggap penting dalam Inafoc,’’ jelasnya.

Nah, dengan hasil ratas, PSSI tinggal berfokus memikirkan skuad timnas yang berlaga di Piala Dunia tahun depan. Memang, target yang dicanangka­n Joko Widodo tidak muluk-muluk. Bahkan tidak seperti target PSSI yang ingin timnas U-19 menembus babak delapan besar.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KANDIDAT KUAT: Suasana Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, saat Persebaya menjamu Persik Kediri pada laga pembuka Liga 1 2020.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KANDIDAT KUAT: Suasana Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, saat Persebaya menjamu Persik Kediri pada laga pembuka Liga 1 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia