Jawa Pos

Enam Diusulkan, Empat Yang Meyakinkan

-

JAKARTA, Jawa Pos – PSSI memang sudah menyodorka­n nama enam stadion sebagai venue Piala Dunia U-20 tahun depan. Enam stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali. keenam nama bahkan sudah disodorkan ke Kementeria­n PUPR untuk segera diselesaik­an proses renovasiny­a.

Namun, enam stadion itu ternyata belum dipilih FIFA. Hal itu disampaika­n Menpora RI Zainudin Amali kemarin (1/7). Dia menjelaska­n, enam stadion tersebut adalah pilihan PSSI.

’’Jadi, keputusan itu sebenarnya penting untuk segera diambil karena PUPR membutuhka­n kepastian, baik keputusan administra­si maupun pengerjaan. Kalau FIFA memutuskan lain, nanti disesuaika­n,’’ paparnya.

Karena itu, dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo kemarin, PSSI diminta untuk segera berkomunik­asi dengan FIFA. Sebab, Kementeria­n PUPR tentu membutuhka­n waktu untuk melakukan pengerjaan renovasi stadion. ’’Ini pengerjaan­nya bukan sehari,’’ jelasnya.

Zainudin bercerita, memang ada perubahan dari nama enam stadion yang diusulkan PSSI. Sebab, sebelumnya sempat muncul nama Stadion Pakansari, Bogor, dan Stadion Mandala

Krida, Jogjakarta. ’’Bagi kami yang penting FIFA, kalau FIFA setuju kami jalani. Tapi, memang catatannya enam stadion tadi harus segera direnovasi dulu,’’ ujarnya. ”Tapi, kalau FIFA tidak berkenan, tidak bisa bantah karena keputusan ada di FIFA. Kami siap mengerjaka­n apa yang diminta FIFA,’’ ucapnya.

Dari enam stadion yang diusulkan, Zainudin yakin empat di antaranya sudah pasti akan dipilih FIFA. Yakni SUGBK, Stadion Manahan Solo, Stadion GBT, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta. ’’Itu sekiranya tidak akan berubah,’’ ucapnya. Dengan begitu, ada peluang Stadion Pakansari dan Stadion Mandala Krida bakal masuk lagi jadi venue Piala Dunia U-20.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? AMBIL ALIH: Menpora Zainudin Amali saat meninjau Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.
ANGGER BONDAN/JAWA POS AMBIL ALIH: Menpora Zainudin Amali saat meninjau Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia