Jawa Pos

Kantor Lama Rusak, Bawaslu Boyongan

-

RENCANANYA, pekan depan Bawaslu Surabaya pindah kantor. Mereka sudah mendapatka­n izin dari Pemkot Surabaya untuk menempati kantor baru di Jalan Tenggilis Mejoyo I, Kali Rungkut.

Kondisi kantor mereka saat ini di Jalan Arif Rahman Hakim yang menempel di gedung Convention Hall memang cukup memprihati­nkan. Lantai bangunan sudah tidak rata lagi. Pada musim hujan, atapnya kadang bocor. Bahkan, sampai ada talang buatan tambahan agar air tidak sampai masuk ke ruangan.

Di gedung lama itu juga hanya ada empat ruangan yang digunakan. Satu ruangan dipakai untuk para komisioner, satu ruangan staf, dan dua ruang pertemuan. Sejumlah pekerjaan teknis kerap terhambat karena faktor keterbatas­an kantor lama.

Ketua Bawaslu Surabaya M. Agil Akbar mengungkap­kan, proses pinjam pakai gedung baru di Kali Rungkut itu sudah selesai. Mereka sudah tanda tangan dengan pemkot yang diwakili dinas pengelolaa­n bangunan dan tanah.

”Segera ditempati. Kemungkina­n

pekan depan pindahan,” ujar Agil kemarin (1/7). Gedung yang baru itu memang diperlukan untuk menunjang kinerja komisioner Bawaslu Surabaya yang turut menjadi penyelengg­ara pilwali Surabaya pada 9 Desember.

Agil menyebutka­n bahwa penataan kantor baru itu akan menggunaka­n prinsip protokol kesehatan. Misalnya, menjaga jarak aman antara satu pegawai dan petugas lainnya. ”Gedungnya ini dua lantai,” ungkap Agil.

Agil menyatakan, dengan kantor baru ini kinerja Bawaslu bisa meningkat. Pekerjaan-pekerjaan teknis yang selama ini tertunda bisa lebih cepat selesai. ’’Apalagi, dalam situasi pandemi ini, kegiatan-kegiatan yang sifatnya administra­tif harus cepat selesai untuk menunjang keterbatas­an kegiatan di lapangan,’’ terangnya.

Agil optimistis kinerja Bawaslu bisa meningkat dengan kantor baru. Tinggal penyesuaia­n-penyesuaia­n. Dengan adanya ruangan lebih, sejumlah agenda Bawaslu bisa langsung dilaksanak­an tanpa harus memindah-mindah barang terlebih dahulu seperti di kantor lama.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? GRES: Kantor Bawaslu Surabaya yang baru di Tenggilis Mejoyo. Kantor yang lama sudah tidak representa­tif.
FRIZAL/JAWA POS GRES: Kantor Bawaslu Surabaya yang baru di Tenggilis Mejoyo. Kantor yang lama sudah tidak representa­tif.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia