Jawa Pos

Siapkan Seribu Sapi untuk Idul Adha

RPH Buka Layanan Jasa Pemotongan dan Pengemasan Daging Kurban

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Hari Raya Idul Adha masih kurang sebulan. Meski begitu, Perusahaan Daerah Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surya di Jalan Pegirian melakukan persiapan untuk menyambut Hari Raya Kurban. RPH melayani jasa pemotongan dan penjualan hewan kurban.

Pelaksana Tugas (PLT) Dirut PD Pasar Surya Bela Bima menjelaska­n bahwa layanan instansiny­a tidak jauh berbeda dibanding tahun sebelumnya. RPH melayani pembelian sapi untuk masyarakat yang berkurban. Ada seribu stok sapi yang disiapkan.

’’Sudah terjual 20 ekor. Target kami sekitar 300 orang sampai selesai hari raya,’’ kata Bima. Saat ini, lanjut dia, sapi-sapi mulai didatangka­n ke Semampir. Hewan kurban dirawat di kandang resmi milik RPH.

Menurut Bima, ada beberapa jenis sapi yang diperjualb­elikan. Paling banyak jenis sapi madura. ’’Untuk harganya, beragam. Paling murah sekitar Rp 17 jutaan,’’ tambahnya.

Dia menjelaska­n, instansiny­a tidak hanya menjual sapi kurban. RPH juga menyiapkan layanan jasa pemotongan dan pengemasan. Layanan tersebut sudah dibuka untuk masyarakat.

’’Kami sudah berkoordin­asi dengan tim pemotong. Taksiranny­a ada lima tim yang siap membantu melayani jasa pemotongan,’’ kata Bima. Pria tersebut menambahka­n bahwa penyembeli­han dilakukan selama Hari Raya Kurban. Targetnya mencapai 100 ekor sapi per hari. Bima memastikan bahwa sapi yang disembelih RPH dalam kondisi sehat. Pemotongan hewan dilakukan berdasar protokol Covid-19. Tidak hanya memakai masker. Jumlah pengunjung RPH juga dibatasi.

Menurut dia, tidak semua orang yang memakai jasa RPH bisa masuk seperti dulu. Masing-masing sapi maksimal didampingi dua orang. Satu memantau penyembeli­han dan satunya lagi proses pengemasan. ’’Tidak ada syarat khusus untuk pengguna jasa pemotongan. Cuma, mereka harus menandatan­gani surat pernyataan untuk patuh protokol Covid-19,’’ kata Bima.

 ??  ?? PILIH YANG SEHAT: Petugas RPH memeriksa sapi yang siap dijadikan kurban.
PILIH YANG SEHAT: Petugas RPH memeriksa sapi yang siap dijadikan kurban.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia