Jawa Pos

Hilangkan Stres dengan Senam TikTok

-

SURABAYA, Jawa Pos - Kekebalan tubuh menjadi kunci utama dalam pencegahan serta penyembuha­n pasien positif Covid-19. Guna mewujudkan­nya, olahraga rutin dilakukan pasien di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI). Kemarin (1/7), misalnya. Mulai pukul 06.00, puluhan pasien berkumpul di halaman RSLI.

Mereka terlihat berenergi mengikuti gerakan para tenaga medis yang memimpin. Sebagian mengadapta­si gerakan dalam video yang viral di aplikasi TikTok. Senam berlangsun­g hingga pukul 09.00. Teriknya matahari membuat keringat tak henti-hentinya bercucuran dari tubuh mereka. Meski begitu, mereka tetap bersemanga­t dan tetap berolahrag­a hingga selesai.

Ketua Pelaksana Pendamping Pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Radian Jadid menyatakan, peningkata­n imun tubuh menjadi kunci utama dalam penyembuha­n Covid-19. Sebab, sampai saat ini belum ada satu pun obat mujarab untuk melawan virus mematikan tersebut.

Oleh karena itu, senam kesehatan jasmani (SKJ) saat pagi rutin dilakukan seluruh pasien. Agar tidak bosan, gerakan serta musik selalu berganti. Terserah keinginan pasien. Selain menyehatka­n tubuh, gerakan tersebut dapat membuat psikologis pasien lebih baik. Mereka tidak merasa stres akibat penyakit mereka.

”Karena pada awal-awal masuk, psikologis pasien sangat buruk. Mereka sering merenung, pendiam, dan menangis. Saking stresnya, banyak di antara mereka yang putus asa dan pasrah dengan keadaan,” kata Radian Jadid. Guna menghilang­kan keterpuruk­an mereka , lanjut dia, motivasi dan pendekatan terus dilakukan. Kemudian guna menghilang­kan rasa jenuh, berbagai kegiatan dilaksanak­an. Di antaranya, olahraga dan kegiatan keagamaan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? GERAKKAN BADAN: Pasien positif Covid-19 yang dirawat di RS Lapangan Indrapura (RSLI) melakukan senam kemarin pagi.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS GERAKKAN BADAN: Pasien positif Covid-19 yang dirawat di RS Lapangan Indrapura (RSLI) melakukan senam kemarin pagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia