Jawa Pos

Berkali-kali Rusak, Jembatan Stasiun Kota Perlu Direhab

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kondisi jembatan di Jalan Stasiun Kota, Pabean Cantian, kembali dikeluhkan pengendara. Terdapat kerusakan yang berpotensi mengakibat­kan kecelakaan. Perbaikan tidak gampang dikerjakan karena jembatan sudah tua.

Kerusakan jembatan terpantau Selasa (30/6). Akses penghubung Jalan Kebon Rojo dengan Stasiun Kota itu tidak hanya bergelomba­ng. Muncul cekungan mirip anak sungai yang memperlamb­at laju arus lalu lintas.

Koordinato­r Satgas Pemelihara­an Jalan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP)

Kota Surabaya Puji Purwanto menjelaska­n, kerusakan jembatan sudah sering kali terjadi. Selama 2019, DPUBMP sudah lima kali tambal sulam jembatan. ’’Tahun ini sudah lebih dari tiga kali (perbaikan, Red),’’ kata Puji kemarin.

Dia menilai kerusakan dipicu maraknya pelanggara­n. Akses yang melintang di atas Sungai Kalimas itu sering kali dilewati truk yang bermuatan overload. Sebagian di antara mereka beroperasi saat malam dan kucingkuci­ngan dengan petugas. ’’Dampaknya, tambal sulam tak bertahan lama,’’ ujar Puji.

Menurut dia, truk bermuatan overload membuat jembatan bergoyang-goyang. Akibatnya, aspal yang melapisi jembatan pecah.

Dia membenarka­n, jembatan yang dibangun pada zaman penjajahan itu memang butuh direnovasi total. Konstruksi­nya perlu dicek lagi. Yang paling penting, ada penambahan tiang penyangga agar lebih kuat. ’’Kami akan berkoordin­asi dengan pimpinan. Sebab, saya pikir pelat besinya juga perlu diganti,’’ tutur Puji.

Menurut dia, menentukan kelayakan jembatan memang tidak mudah. Perlu kajian yang dilihat dari berbagai sisi.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? JALAN TAK RATA: Muncul cekungan di jembatan di Jalan Stasiun Kota. Kondisi ini bisa membahayak­an pelintas.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS JALAN TAK RATA: Muncul cekungan di jembatan di Jalan Stasiun Kota. Kondisi ini bisa membahayak­an pelintas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia