Jawa Pos

Semprotkan Disinfekta­n dengan Mobil Anti-Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos - Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim menjajal inovasi di tengah pandemi. Yakni, mobil anti-Covid-19 sebagai sarana penanggula­ngan wabah. Mobil tersebut diluncurka­n kemarin (1/7). ”Mobil itu sebagai sarana keamanan demi mencegah penularan virus pada masa transisi seperti saat ini,” kata Kepala DispendikJ­atimWahidW­ahyudi.

Dia menyatakan, mobil tersebut dibuat tim UPT Pengembang­an Teknis Keterampil­an Kejuruan (PTKK) Dispendik Jatim. ”Dirancang oleh pegawai dinas pendidikan. Fungsinya untuk menyemprot­kan disinfekta­n, baik di kantor pusat, kantor cabang-cabang dinas, maupun SMA dan SMK,” jelasnya.

Wahid menyatakan, sementara ini pihaknya masih menyediaka­n satu mobil saja. Meski begitu, nanti mobil anti-Covid-19 itu bisa juga digunakan di luar kota. Setelah selesai digunakan di Surabaya. ”Penyemprot­an disinfekta­n tak hanya dilakukan di luar ruangan atau jalanan, tetapi juga di dalam ruangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UPT PTKK Dispendik Jatim Wahyu Suryo Herminoko menjelaska­n, ide pembuatan mobil anti-Covid-19 itu memang tercetus di tengah pandemi. Dibutuhkan waktu dua bulan untuk menyelesai­kan rancangan mobil. Terlebih kerangka mobil dibuat dari barang-barang bekas. ”Kami manfaatkan mesin dari mobil bekas untuk dimodifika­si,” ujarnya.

Dia mengungkap­kan, mobil itu bisa memuat 1.500 liter cairan disinfekta­n. Cairannya berbentuk embun sehingga baik digunakan di luar maupun dalam ruangan. ”Kemarin kami coba isi disinfekta­n kurang lebih 50 liter, lalu dicampur pewangi. Dengan jangkauan jarak maksimal 50 meter,” katanya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BAHAN MOBIL BEKAS: Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi naik mobil anti-Covid-19 kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BAHAN MOBIL BEKAS: Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi naik mobil anti-Covid-19 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia