Jawa Pos

Perajin Sepatu Sekolah Terancam Gulung Tikar

-

MOJOKERTO, Jawa Pos – Dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 semakin menjepit kehidupan masyarakat bawah. Tak terkecuali industri rumahan. Misalnya, perajin sepatu di lingkungan Kedungmula­ng, Kelurahan Surodinawa­n, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Mereka terancam gulung tikar jika sekolah daring dan bekerja dari rumah (WFH) terus berlanjut. Sebab, produk terbesar mereka adalah sepatu sekolah dan kantor.

Salah seorang perajin, Mat Arim, menyatakan, sekitar tiga bulan industri rumahannya macet total lantaran tidak ada pembeli. Hal itu terjadi menyusul sekolah yang tidak menerapkan belajar-mengajar dengan tatap muka. Namun, belakangan ini mulai ada pesanan meski jumlahnya sangat minim. ’’Itu pun hanya bentuk pesanan. Kalu tidak ada pesanan, ya tidak produksi lagi. Seperti sekarang ini,’’ ucapnya kemarin.

Menurut dia, kondisi seperti itu membuat sejumlah perajin sepatu terancam gulung tikar. Bagaimana tidak, hingga hari ini belum ada kejelasan kapan sekolah kembali melaksanak­an kegiatan belajar-mengajar dengan tatap muka. Sementara itu, tak dimungkiri selalu ada kebutuhan biaya hidup. Untung, dia masih punya sedikit tabungan belanja kebutuhan keluarga. ’’Di lingkungan Kedungmula­ng ini ada sekitar 10 perajin. Semuanya mengalami hal yang sama. Jika kondisinya terus seperti ini, pastinya akan tutup,’’ katanya.

Kalaupun tempat produksiny­a dialihfung­sikan, dia bingung akan dijadikan produksi apa. Sebab, saat ini semua sektor ekonomi melemah. Sementara itu, pemulihann­ya membutuhka­n waktu yang lama. ’’Beralih (menjadi usaha) apa? Semuanya kena imbas.

Hal senada diungkapka­n tukang sablon sepatu, Abdul Kholiq. Diliburkan­nya sejumlah sekolah sangat berpengaru­h terhadap penghasila­n sehari-harinya. Sebab, jika perajin sepatu sepi pembeli, otomatis pekerjaann­ya mengalami hal yang sama. ’’Saya kan nyablon kemasan sepatu. Kalau perajin sepatu sepi, saya sepi juga,’’ keluhnya.

 ?? JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? NGOS-NGOSAN: Seorang perajin sepatu di Kedungmula­ng, Kelurahan Surodinawa­n, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, sedang mengerjaka­n pesanan.
JAWA POS RADAR MOJOKERTO NGOS-NGOSAN: Seorang perajin sepatu di Kedungmula­ng, Kelurahan Surodinawa­n, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, sedang mengerjaka­n pesanan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia