Jawa Pos

Curi Mobil Modus Membeli

Pelaku Tukar Kunci saat Test Drive

-

SURABAYA, Jawa Pos – M. Galih Agung Kurniawan berniat membeli mobil. Namun, pria 32 tahun asal Tulungagun­g itu tidak punya cukup uang. Galih yang tinggal di Sedati akhirnya membawa kabur mobil yang diminatiny­a. Aksinya gagal. Dia tertangkap setelah dikejar petugas sekuriti perumahan.

Lilik Hidayati, pemilik mobil menyatakan, awalnya dia berniat menjual mobil Honda BR-V Prestige miliknya. Dia memasang iklan. Dari iklan itu, Galih yang berminat menghubung­inya. Galih pun datang ke rumahnya di Perumahan Gading Pantai pada Selasa (26/2).

”Sorenya dia datang ke rumah mau test drive. Mobilnya dia bawa setelah sepakat harga,” ujar Lilik saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya kemarin (1/7). Galih kembali ke rumah Lilik untuk mengembali­kan mobil saat senja. Dia sempat masuk ke rumahnya. Namun, uang pembelian belum dibayarkan. Setelah itu, terdakwa pergi. Tanpa disadari Lilik, terdakwa menukar kunci mobil yang diserahkan kepadanya dengan kunci palsu. ”Kuncinya ditukar. Saya tidak tahu,” katanya.

Lilik sempat akan menggunaka­n mobil itu untuk menghadiri perayaan ulang tahun anaknya, Encik Erick Arifandi. Namun, mobil itu tidak bisa dikendarai karena kuncinya bukan yang sebenarnya. ”Mau saya pakai tidak bisa karena kuncinya beda. Mobil saya tinggal di depan rumah,” ucapnya.

Saat dini hari, Galih diam-diam datang lagi ke rumah Lilik. Niatnya ingin membawa kabur mobil. Aksinya diketahui Erick yang kemudian langsung mengejarny­a. Galih akhirnya tertangkap di lampu lalu lintas Jalan MERR Suko Semolo. ”Dengar bunyi mobil distarter, anak saya yang belum tidur langsung mengejarny­a,” katanya.

Galih mengaku mencuri mobil karena tidak punya uang untuk membelinya. Namun, dia butuh mobil itu. Aksinya sudah direncanak­an terlebih dahulu dengan menyiapkan kunci palsu. ”Niatnya saya mau beli, tapi tidak punya uang. Sudah saya siapkan kuncinya sebelumnya.”

Niatnya saya mau beli, tapi tidak punya uang. Sudah saya siapkan kuncinya sebelumnya.”

M. GALIH AGUNG KURNIAWAN Terdakwa

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? BERUNTUNG: Lilik Hidayati menceritak­an kronologi pencurian mobil miliknya dalam sidang di PN Surabaya kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS BERUNTUNG: Lilik Hidayati menceritak­an kronologi pencurian mobil miliknya dalam sidang di PN Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia