Jawa Pos

Make-up Hack dari Bahan-Bahan Dapur

Bikin Luka dari Maizena, Darah Pakai Pewarna Makanan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Memanfaatk­an bahanbahan yang ada di rumah menjadi pilihan bloger Ade Kumala Putri untuk ber-make-up. Perempuan asal Surabaya itu hobi mengkreasi­kan art make-up yang unik-unik. Namun, bahan-bahan yang dipakainya tidak selalu dari brand mahal. Tapi, dia membuat

make-up hack dari bahan-bahan dapur. Mulai tepung maizena, pewarna makanan, hingga susu kental manis pernah dipakainya untuk membuat

make-up special effect. ”Awalnya memang pengin bikinbikin make-up yang low budget. Dan hack-hack ini kebanyakan dipakai di luar negeri juga,” ceritanya kemarin (30/6). Sebab, untuk membuat make-up special

effect, biasanya butuh bujet yang lumayan besar. Misalnya, dalam membuat special effect seperti luka. Lala –panggilan akrab Ade Kumala Putri– menjelaska­n bahwa dirinya akan memakai tepung maizena. ”Caranya gampang banget. Tepungnya tinggal dikasih air panas sampai agak mengental. Terus dicampurin sama foundation cair biar warnanya bisa menyesuaik­an sama kulit,” jelasnya.

Sementara itu, dia juga bercerita saat membuat efek darah, dia lebih memilih untuk memakai pewarna makanan dan susu kental manis. Keduanya tinggal digabungka­n sampai membentuk tekstur sesuai kebutuhan. ”Kayak gini jatuhnya juga jadi murah banget. Nggak sampai Rp 5 ribu. Padahal, kalau pakai fake blood itu bisa sampai Rp 100 ribu,” ujarnya.

Selain itu, saat memanfaatk­an pewarna makanan dan susu kental manis, perempuan alumnus Universita­s Ciputra itu mengaku mendapatka­n keuntungan yang lebih lainnya. Misalnya, lebih aman saat tidak sengaja kemakan. ”Soalnya aku juga sering bikinbikin kayak yang berdarah-darah di sekitar mulut. Jadi rasanya nggak mengganggu,” tambahnya.

Perempuan yang aktif di dunia blog sejak 2013 itu kini semakin banyak mengkreasi­kan make-up-nya. ”Apalagi sekarang media sosial lebih banyak ya. Terus, kalau dulu dokumentas­inya cuma foto, sekarang lebih ke video,” tambahnya. Dalam masa pandemi sekarang, kreasi-kreasi make-up juga semakin bervariasi. Terlebih saat banyak make-up challenge di platform Instagram hingga TikTok. ”Ini juga jadi tantangan yang baru lagi,” imbuhnya.

 ?? ADE KUMALA PUTRI FOR JAWA POS ??
ADE KUMALA PUTRI FOR JAWA POS
 ??  ?? KREATIF: Ade dalam dandanan fantasi yang dibikin dari bahan-bahan makanan. Inset, tampilan tangan yang terluka kreasi Ade.
KREATIF: Ade dalam dandanan fantasi yang dibikin dari bahan-bahan makanan. Inset, tampilan tangan yang terluka kreasi Ade.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia