Jawa Pos

Dituntut Inovasi Sehat

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Masa pandemi harusnya mengonsums­i makanan yang non pengawet dan bergizi untuk memperkuat imunitas,” ujar Executive Chef Surabaya Suites Hotel Nehemia Christfian. Dia memaparkan hal itu pada agenda Modern Primitive (Back to Nature) Jumat (10/7). Dia bersama undangan berdiskusi mengenai kuliner sehat saat pandemi.

Menurut Christfian, pandemi membuat dunia kuliner sedikit berubah. Masyarakat mencari sesuatu yang lebih bergizi dan bisa memperkuat imunitas. Hal itu menuntut para chef dan pengusaha makanan berinovasi. Dia pun berinovasi menggunaka­n bahan dan peralatan masak dari alam sekitar yang dinamakan masak pendem.

”Itu bahan utamanya rempah-rempah.

Dimasak menggunaka­n arang. Lalu, proses memasaknya di bawah tanah. Itu yang disebut masak pendem,” ujarnya. Dia mengatakan bahwa rempah-rempah sudah terbukti bisa meningkatk­an imunitas tubuh. Terlebih, itu juga dimasak tanpa menggunaka­n pengawet. Kali ini dia memasak ayam dan bebek dicampur dengan sejumlah rempahremp­ah tersebut. Proses memasaknya di dalam gentong yang ditanam di tanah. Bahan bakarnya berasal dari arang. Itu juga sesuai tema masakan Modern Primitive. Itu berarti masakan modern dengan proses yang kembali ke alam. Konsep tersebut dipilih karena pandemi yang sedang terjadi. Memilih konsep alam yang terbuka agar meminimalk­an risiko penularan.

SURABAYA, Jawa Pos – Lantunan lagu-lagu lawas terdengar dari tiap sudut ruang Mahameru Resto Surabaya kemarin (12/7). Beberapa orang terlihat bernyanyi dengan diiringi keyboard. Namun, tetap dalam prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Begitulah suasana gathering alumni SMPN 9 Surabaya angkatan 1975–2000. Mereka juga merilis koperasi bersama untuk meringanka­n beban para alumnus yang terdampak pandemi.

Seluruh alumnus yang hadir kompak menggunaka­n batik. Mereka saling bertegur sapa dan melakukan ramah-tamah dengan tidak berinterak­si fisik. Namun, suasana keakraban tetap terlihat. Ditunjukka­n dengan raut wajah sukacita dan saling bercengker­ama. “Sebab, sudah lama enggak ketemu dan alhamdulil­lah dalam keadaan sehat semua,” kata perwakilan lintas alumni SMPN 9 Surabaya (LINI-9) Guten Slamet Hariono.

Sebelumnya, mereka rutin mengadakan reuni. Bukan hanya di dalam kota, melainkan juga di luar Surabaya. Namun, pandemi membuat mereka berpikir ulang untuk mengadakan­nya lagi. Lantas, mereka menggagas pertemuan sederhana dengan mengundang sejumlah alumnus. Tujuannya, melepas kangen sekaligus menjalanka­n program baru LINI-9.

Program tersebut berbentuk koperasi simpan pinjam. “Tujuannya, meringanka­n beban masyarakat, termasuk para alumnus yang terdampak pandemi,” kata pria yang juga menjabat sebagai ketua Koperasi LINI-9 itu. Menurut Slamet, itu merupakan program sosial pada LINI-9 sebagai bentuk bakti kepada alumnus dan almamater. Nanti alumnus yang menjadi anggota juga akan dibimbing untuk berwirausa­ha.

”Ini terbentuk karena rasa prihatin melihat dampak pandemi. Jadi, kami tidak sekadar bersenang-senang pada acara ini,” imbuh Slamet.

Mereka merilisnya tepat pada Hari Koperasi Nasional hari ini. Karena itu, para alumnus yang hadir dianjurkan menggunaka­n batik nasional. Di akhir agenda, mereka juga mengadakan berbagai kuis dan door prize untuk memeriahka­n acara. Seluruh rangkaian tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan. Di antaranya, jaga jarak, menggunaka­n alat pelindung diri, dan mengutamak­an higienitas.

 ?? E
M
BRA
N
A
W
A
I
F
O
R JA W A P O S ?? DAUR ULANG: Model mengenakan baju karya Embran Nawawi yang mengusung konsep less-waste hingga zero-waste.
E M BRA N A W A I F O R JA W A P O S DAUR ULANG: Model mengenakan baju karya Embran Nawawi yang mengusung konsep less-waste hingga zero-waste.
 ?? SURABAYA SUITES HOTEL FOR JAWA POS ?? MODERN PRIMITIVE: Nehemia Christfian (kiri) semeja dengan undangan diskusi Modern Primitive (Back to Nature).
SURABAYA SUITES HOTEL FOR JAWA POS MODERN PRIMITIVE: Nehemia Christfian (kiri) semeja dengan undangan diskusi Modern Primitive (Back to Nature).
 ?? LINI SMP-9 FOR JAWA POS ?? JUMPA LAGI: Sebagian peserta reuni SMPN 9 Surabaya angkatan 1975–2000 berfoto bersama kemarin. Mereka tetap menerapkan prosedur kesehatan Covid-19.
LINI SMP-9 FOR JAWA POS JUMPA LAGI: Sebagian peserta reuni SMPN 9 Surabaya angkatan 1975–2000 berfoto bersama kemarin. Mereka tetap menerapkan prosedur kesehatan Covid-19.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia