Jawa Pos

Target Menang Minimal 60 Persen

Gibran-Teguh Terima ’’Tiket’’ Pilwali Solo dari DPP PDIP

-

JAKARTA, Jawa Pos – Gibran Rakabuming RakaTeguh Prakosa resmi ditetapkan DPP PDIP sebagai bakal calon wali kota-wakil wali kota Solo kemarin. Penetapan tersebut bersamaan dengan pemberian rekomendas­i untuk 44 pasangan calon (paslon) kepala daerah lain

Pengumuman rekomendas­i tahap kedua dilakukan melalui telekonfer­ensi. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnopu­tri berada di kediamanny­a di Jakarta. Sedangkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o bersama sejumlah pengurus DPP berada di markas partai banteng di Jalan Diponegoro. Sementara itu, para paslon yang mendapat rekomendas­i mengikuti telekonfer­ensi dari daerah masing-masing.

Megawati menyatakan, para paslon yang sudah mendapatka­n rekomendas­i harus mengikuti sekolah partai. Proses pendidikan calon kepala daerah itu akan dilakukan secara online. Dengan sekolah partai, dia berharap akan lahir pemimpin yang mumpu

Rekomendas­i, terang Megawati, baru tahap awal. Pertarunga­n sebenarnya akan berlangsun­g pada Desember mendatang. Dia menginstru­ksi para paslon bergerak cepat, turun ke bawah untuk

Sementara itu, Gibran menyampaik­an terima kasih kepada Megawati atas rekomendas­i yang diberikan kepadanya. ”Rekomendas­i ini suatu kehormatan dan tanggung jawab untuk memenangi kontestasi pilkada,” ucapnya.

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut mengajak semua kader melakukan konsolidas­i demi kemenangan PDIP agar bisa kembali mendudukka­n kader terbaiknya di kursi wali kota Solo. Menurut Gibran, pilkada bukan hanya proses demokrasi, tapi juga wujud gotong royong untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o mengungkap­kan, dalam menghadapi pilkada serentak, pihaknya akan menggunaka­n strategi gotong royong. Untuk detail strateginy­a, kata dia, tentu hal itu menjadi rahasia partai. ”Yang jelas, strategi berdasar semangat gotong royong itulah yang kami kedepankan,” ucap dia.

Sementara itu, di Jawa Tengah, lima paslon kepala daerah dari PDIP berkumpul di Panti Marhaen Semarang untuk mendengark­an pengumuman rekomendas­i. Setelah proses pemberian rekomendas­i selesai, acara yang dimulai pukul 14.15 tersebut resmi ditutup oleh Megawati sekitar pukul 15.20. Para calon kepala daerah yang telah menerima rekomendas­i langsung meninggalk­an lokasi acara.

Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyanto menuturkan, setelah lima rekomendas­i itu, DPP PDIP akan mengumumka­n kembali rekomendas­i untuk empat daerah pemilihan yang tersisa. Yakni, Kabupaten Rembang, Kota Magelang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Kendal. ’’Untuk empat daerah ini belum selesai verifikasi­nya. Jadi, masih ada gelombang ketiga. Cuma untuk waktunya nanti kita beri tahukan lebih lanjut,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ketika ditanya mengenai target kemenangan PDIP di Jateng, pihaknya mengaku tetap sama dengan yang diungkapka­n Megawati pada rekomendas­i tahap pertama lalu. Yakni, sebesar 60 persen. Artinya, jika terdapat 21 daerah yang mengadakan pilkada serentak tahun ini, PDIP menargetka­n meraih kemenangan di 15 daerah. ’’Termasuk yang lima kita umumkan tadi masuk dalam target yang meraih kemenangan,’’ tuturnya.

Gibran Sowan ke Ganjar

Sesaat sebelum menerima rekomendas­i di kantor DPD PDIP Jateng, Gibran dan Teguh berkunjung ke rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar

Pranowo pukul 12.35. Mereka lantas melaksanak­an salat Jumat bersama. Ditanya tujuan kunjungan ke gubernur, Gibran mengatakan tidak ada maksud khusus. ’’Hanya mampir. Untuk salat Jumat dan makan siang dengan Pak Ganjar,’’ ujarnya.

Ketika hendak pamit, Ganjar memberikan kaus berwarna hitam bertulisan Kitorang Basodara Kecuali dengan Corona. Ganjar membenarka­n bahwa Gibran hanya mampir dan ngobrol sebentar. Meski begitu, Ganjar sempat memberikan wejangan. Dia berpesan agar Gibran terus meningkatk­an soliditas partai. ’’Dengan dinamika Solo yang luar biasa, soliditas partai hari ini nomor satu. Itu yang paling penting,’’ katanya.

Sebelum bertolak ke kantor DPD PDIP Jateng di Semarang, Gibran mampir ke kantor DPC PDIP Solo pukul 10.40. Di sana Teguh Prakosa lebih dulu tiba pukul 10.10. Setelah berbincang sejenak, keduanya kompak berada dalam satu mobil Pajero putih menuju Semarang. Gibran mengaku langsung ada chemistry dengan calon wakilnya. ’’Saya sangat bersyukur. Saat dapat undangan, langsung sudah kelihatan chemistry-nya. Pokoknya setelah ini saya dan Pak Teguh akan berkomunik­asi intensif dengan jajaran PDIP,” katanya kepada Jawa Pos Radar Solo.

 ?? ADIYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG ?? KANDIDAT: Gibran Rakabuming Raka didampingi Teguh Prakosa (kiri) dan F.X. Hadi Rudyatmo di Panti Marhaen Semarang kemarin.
ADIYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG KANDIDAT: Gibran Rakabuming Raka didampingi Teguh Prakosa (kiri) dan F.X. Hadi Rudyatmo di Panti Marhaen Semarang kemarin.
 ?? GRAFIS: ADIT/JAWA POS ??
GRAFIS: ADIT/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia