Jawa Pos

Marquez Masih Jadi Favorit

-

JEREZ, Jawa Pos – Race perdana MotoGP musim 2020 baru bergulir besok (19/7). Tetapi, sejumlah top rider sudah menjagokan Marc Marquez bakal sebagai kampiun di akhir musim. Itu terlihat dari pernyataan para rider yang tampil dalam media brief di Sirkuit Jerez Kamis malam (kemarin dini hari WIB).

Lima di antaranya memilih Marquez menjadi juara. Mereka adalah Valentino Rossi (Yamaha), Jack Miller (Pramac Ducati), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), dan Pol Espargaro (KTM), termasuk Marquez sendiri. Dua rider lainnya, jagoan Suzuki Alex Rins dan Maverick Vinales (Yamaha) memilih diri masing-masing yang akan menjadi juara dunia.

Rossi mencoba realistis. Bahkan, rider berjuluk The Doctor itu tidak menempatka­n dirinya dalam prediksi top 5 akhir musim. Pembalap legendaris itu menempatka­n Marquez di posisi pertama, disusul Andrea Dovizioso, Vinales, Rins, dan Quartararo. ’’Itu urutan yang sama dengan musim lalu. Aku tidak suka bertaruh untuk MotoGP,’’ ujar Rossi.

Marquez menjawab prediksi rekan-rekan pembalapny­a dengan penampilan impresif sepanjang latihan bebas kemarin. Dia membuka free practice pertama dengan waktu tercepat 1 menit 37,350 detik.

Memang perjalanan­nya tidak mulusmulus banget. Pada sesi kedua tadi malam WIB, dia sempat terjatuh di tikungan 2. Setelah itu, dia tidak lagi mem- push RC213V-nya. Alhasil, pembalap 27 tahun itu hanya menempati posisi keempat di akhir FP2. Duet Petronas Yamaha, Franco Morbidelli dan Quartararo menguasai dua peringkat teratas.

Meski begitu, torehan waktu Marquez pada sesi pagi masih menjadi yang tercepat dari dua sesi latihan bebas pertama GP Spanyol kemarin. Dia pun optimistis bisa tampil kompetitif pada race perdana di Sirkuit Jerez. ’’Setelah istirahat dalam waktu yang lama, kini ada semacam motivasi ekstra,’’ sebut Marquez dilansir GP One. ’’ Race pertama musim ini tidak akan jauh berbeda dari race pertama yang pernah dalam beberapa tahun terakhir,’’ lanjut dia.

 ?? JAVIER SORIANO/AFP ?? MASIH DOMINAN: Bintang Repsol Honda Marc Marquez tampil dalam sesi latihan bebas pertama, diikuti adiknya, Alex, di Sirkuit Jerez kemarin (17/7). Secara keseluruha­n, catatan waktunya terbaik sepanjang free practice 1 dan 2.
JAVIER SORIANO/AFP MASIH DOMINAN: Bintang Repsol Honda Marc Marquez tampil dalam sesi latihan bebas pertama, diikuti adiknya, Alex, di Sirkuit Jerez kemarin (17/7). Secara keseluruha­n, catatan waktunya terbaik sepanjang free practice 1 dan 2.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia