Jawa Pos

KPU Upayakan Rekrut 1.200 PPDP

-

PEMUTAKHIR­AN data pemilih belum bisa seluruhnya di Surabaya. Sebab, masih ada petugas pemutakhir­an data pemilih (PPDP) yang takut untuk menjalani rapid test. Padahal, rapid test tersebut menjadi salah satu syarat wajib sebelum turun ke masyarakat.

Koordinato­r Divisi Sosialisas­i, Partisipas­i Masyarakat, Pendidikan Pemilih, dan Sumber Daya Manusia KPU Surabaya Subairi mengungkap­kan bahwa ada 1.200 PPDP yang takut menjalani rapid test. Penyebabny­a bisa macam-macam. Ada yang takut jarum suntik, ada pula yang takut dikarantin­a bila reaktif.

”Kami sudah laporkan juga ke Bawaslu

Surabaya untuk mendapatka­n masukan,” kata Subairi kemarin (17/7).

Upaya lain yang dilakukan KPU Surabaya adalah dengan meminta para PPS dan PPK untuk berkoordin­asi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. Termasuk ke LPMK dan karang taruna untuk menjadi PPDP. ”Upaya kami sudah ultramaksi­mum untuk mengupayak­an agar PPDP tersebut bisa segera terbentuk,” tambah dia.

Tugas PPDP itu adalah menemui warga untuk mencocokka­n data pemilih dengan orang tersebut. Setiap TPS ditangani satu PPDP. Aturan terbaru, satu TPS itu tak boleh lebih dari 500 orang. Bila di satu keluarga ada tiga orang pemilih, yang ditemui 166 keluarga. PPDP punya waktu sekitar sebulan untuk menjalanka­n tugas tersebut.

Koordinato­r Divisi Perencanaa­n, Data, dan Informasi KPU Surabaya Naafilah Astri Swarist mengungkap­kan bahwa PPDP juga dibekali alat pelindung diri (APD) yang memadai. Mulai face shield hingga sarung tangan.

”Peralatan APD dan kelengkapa­n lainnya sudah didistribu­sikan ke masingmasi­ng kecamatan secara bertahap,” ujar Fila, sapaan akrab Naafilah Astri Swarist. Tahapan pemutakhir­an data itu dimulai pada 15 Juli lalu. Pemutakhir­an data berlangsun­g sampai 13 Agustus. Total jumlah pemilih di Surabaya 2,1 juta orang.

Upaya kami sudah ultramaksi­mum untuk mengupayak­an agar PPDP tersebut bisa segera terbentuk.”

SUBAIRI

Koordinato­r Divisi Sosialisas­i, Partisipas­i Masyarakat, Pendidikan Pemilih, dan Sumber Daya Manusia KPU Surabaya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia