Jawa Pos

Saldo Nol, Diganti Beras dan Mi Instan

-

GRESIK, Jawa Pos - Suasana Balai Desa Raci Tengah, Sidayu, kemarin siang dipadati sejumlah warga (17/7). Mereka adalah KPM yang hendak mengambil sembako dari program bantuan pangan nontunai (BPNT). Ternyata, mereka datang dua kali ke balai desa. Yakni, pagi dan siang.

Sekitar pukul 08.00 agen datang untuk penggeseka­n kartu keluarga sejahtera (KKS) di mesin EDC. Setelah itu, agen mengedrop sembako sesuai jumlah paket yang akan diberikan kepada KPM.

Setelah itu, agen yang bersangkut­an meninggalk­an balai desa. Selanjutny­a, yang bertugas mendistrib­usikan sembako kepada KPM adalah sejumlah perangkat desa. ”Sudah sering seperti ini,” kata Kepala Desa Raci Tengah Mahrus ketika dimintai konfirmasi kemarin.

Sebenarnya kehadiran perangkat desa saat proses distribusi bertujuan memastikan kualitas dan kuantitas barang. Apakah masih layak atau tidak untuk disalurkan kepada warga. ”Belajar dari pengalaman, dulu, sebelum dikawal betul, kondisi barangnya kurang layak,” ujarnya.

Dalam pendistrib­usian kemarin, tim Jawa Pos kembali mendapati kasus saldo nol. Setidaknya ada lima KPM yang harus gigit jari gara-gara KKS masing-masing tidak berfungsi. ”Sudah dua bulan terkahir begini terus,” kata warga yang bersangkut­an.

Padahal, warga itu terdaftar sebagai KPM sejak 2019. ”Nggak tahu kenapa. Kartunya juga nggak rusak. Selalu saya simpan rapi di lemari,” ungkap ibu dua anak tersebut.

Bagi dia, bantuan sembako tersebut sangat berarti, terlebih selama masa pandemi Covid-19. ”Selama ini pun bantuan saya pakai secukupcuk­upnya. Mau kerja saat begini juga susah, kan?” lanjut dia.

Karena gagal mendapatka­n BPNT, perempuan 42 tahun itu pun terpaksa diberi ganti oleh pihak desa. Yakni, 5 kilogram beras dan satu kardus mi instan. Bantuan itu menjadi pengganti sementara sembari menunggu perbaikan KKS selesai. Padahal, paket BPNT yang diberikan kepada warga kemarin terdiri atas 15 kg beras, seperempat kilogram kacang hijau, setengah kilogram telur, 2 terong, 2 timun, 2 jeruk nipis, dan 2 jeruk biasa.

 ?? LAUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? DATANG DUA KALI: Suasana penyaluran sembako program BPNT di Desa Raci Tengah, Kecamatan Sidayu, kemarin. Bantuan dibagikan di balai desa, bukan di agen atau e-warong.
LAUDRY PRAYOGA/JAWA POS DATANG DUA KALI: Suasana penyaluran sembako program BPNT di Desa Raci Tengah, Kecamatan Sidayu, kemarin. Bantuan dibagikan di balai desa, bukan di agen atau e-warong.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia