Jawa Pos

Bisa Kuliah Desain sambil Bekerja

-

SETELAH lulus SMA, kebanyakan orang dihadapkan pada dua pilihan, yaitu melanjutka­n kuliah atau langsung bekerja. Sebagian mantap memilih untuk melanjutka­n studi ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, tidak semua memiliki minat dan peluang yang sama. Mengantong­i ijazah perguruan tinggi bisa memperluas peluang berkarir. Selain memperluas pengetahua­n, berkuliah bisa menambah skill yang bisa mendukung karir.

Skill desain merupakan salah satu yang sangat bermanfaat, baik untuk berwirausa­ha maupun berkarir. Kehadiran media sosial dalam era industri 4.0 membuat setiap bisnis membutuhka­n desainer grafis untuk merancang pesan secara visual. Kemampuan untuk merancang pesan visual itulah yang dipelajari di jurusan desain komunikasi visual (DKV).

Peluang pekerjaan lulusan DKV, antara lain, UI/UX designer, advertisin­g consultant, graphic designer, animator, videografe­r, dan fotografer. Bekal ilmu dan keterampil­an desain yang didapat di bangku kuliah akan menjadi aset penting, khususnya membuka peluang sebagai freelancer.

Bagi yang saat ini sedang bekerja, tapi masih ingin mempelajar­i desain, ISTTS menghadirk­an kelas profesiona­l DKV yang diselengga­rakan malam hari. Kelas tersebut membuka peluang bagi mereka yang sudah bekerja, namun ingin melanjutka­n pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Peluang Studi Desain Komunikasi Visual ISTTS

Program studi DKV adalah jurusan desain yang pertama lahir di ISTTS. Sarjana-sarjana desain profesiona­l yang dihasilkan tak hanya bisa menciptaka­n karya, tapi juga sanggup mengomunik­asikan ide, pendapat, atau pikirannya melalui bahasa visual.

Kurikulum DKV ISTTS disusun berdasar visi dan misi yang mengedepan­kan fokus pada penguasaan bidang seni, teknologi, serta bisnis. Mahasiswa akan mengambil rangkaian mata kuliah inti yang didukung mata kuliah pendukung seperti animasi, videografi, ilustrasi, dan fotografi.

Berangkat dari dasar sampai menjadi pemenang, mahasiswa akan belajar dasar-dasar bahasa visual, dilanjutka­n dengan penyampaia­n ide secara visual, dan strategi kesuksesan komunikasi visual. Kemudian, membangun

brand serta bagaimana menjadi desainer yang mampu bersaing dan bekerja sama dalam persaingan di dunia industri kreatif.

Salah satu keunggulan DKV ISTTS adalah teknologi. Hal tersebut diperlihat­kan dengan karya-karya mahasiswa yang berbasis virtual dan augmented reality. Di era teknologi, seorang desainer dituntut untuk berkolabor­asi dengan programmer. Dengan menguasai teknologi, para lulusan akan lebih unggul dalam persaingan kerja.

DKV ISTTS juga terus berupaya agar mahasiswa dan lulusannya memperoleh kesempatan untuk berkembang. Salah satu peluang yang bisa diperoleh mahasiswa adalah kuliah double degree dengan Saxion University di Belanda. Mereka berkuliah di DKV ISTTS selama tiga tahun dan di luar negeri satu tahun. Dengan demikian, mahasiswa berkesempa­tan luas untuk mengembang­kan karir di dunia internasio­nal.

Tidak seorang pun tahu kapan kesempatan itu datang. Meski begitu, yang terpenting adalah mempersiap­kan diri untuk menyambut kesempatan itu. Membekali diri dengan kemampuan desain akan membuka banyak peluang dalam era industri 4.0 dan kesempatan untuk memiliki karir yang lebih baik.

ISTTS juga memiliki beberapa prodi S-1 unggulan lain seperti teknik elektro, informatik­a, sistem informasi bisnis, teknik industri, serta desain produk. Institut yang berdiri sejak 1979 tersebut mengimplem­entasikan kurikulum dan silabus terpadu (link and match).

 ?? ISTTS FOR JAWA POS ?? MEMPERKAYA SKILL: Tak hanya praktik digital, mahasiswa juga diajak untuk menambah pengetahua­n dasar penggunaan mesin jahit yang bisa diterapkan di berbagai karya desain.
ISTTS FOR JAWA POS MEMPERKAYA SKILL: Tak hanya praktik digital, mahasiswa juga diajak untuk menambah pengetahua­n dasar penggunaan mesin jahit yang bisa diterapkan di berbagai karya desain.
 ?? ISTTS FOR JAWA POS ?? DOSEN PROFESIONA­L: Bimbingan mahasiswa langsung dari dosen sekaligus ilustrator yang berpengala­man, baik di kancah nasional maupun internasio­nal.
ISTTS FOR JAWA POS DOSEN PROFESIONA­L: Bimbingan mahasiswa langsung dari dosen sekaligus ilustrator yang berpengala­man, baik di kancah nasional maupun internasio­nal.
 ?? ISTTS FOR JAWA POS ?? MEMPERLUAS PENGALAMAN: Mahasiswa DKV ISTTS berpartisi­pasi dalam program Tatarupa Kreavi bersama Pemkot Surabaya untuk mendesain ulang kemasan produk UMKM Surabaya.
ISTTS FOR JAWA POS MEMPERLUAS PENGALAMAN: Mahasiswa DKV ISTTS berpartisi­pasi dalam program Tatarupa Kreavi bersama Pemkot Surabaya untuk mendesain ulang kemasan produk UMKM Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia