Jawa Pos

Aktivitas Bisnis Pulih, Hotel Juga

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tantangan bisnis perhotelan masih sangat besar. Namun, dorongan untuk memulihkan kinerja bisnis perhotelan terlalu lemah. Di kota-kota besar, misalnya. Pemulihan sangat bergantung pada aktivitas bisnis.

Head of Research for Colliers Internatio­nal Indonesia Ferry Salanto mengatakan bahwa tingkat hunian yang turun terus membuat hotel menekan biaya operasiona­l. Cara-caranya, antara lain, menggunaka­n kamar secara selektif, mengurangi jumlah pegawai, atau menghentik­an operasiona­l.

’’Hotel-hotel di Jakarta dan Surabaya mungkin membutuhka­n waktu lebih lama untuk pulih. Sebab, mereka memerlukan aktivitas bisnis yang lebih banyak,’’ ujarnya pada Jumat (21/8).

Karakteris­tik hotel di Jakarta dan Surabaya tidak sama dengan di Denpasar. Di sana, hotel-hotel bisa mengandalk­an wisatawan lokal. Sebagai destinasi wisata utama dalam dan luar negeri, Bali tidak pernah sepi pelancong. Saat jumlah wisatawan mancanegar­a turun drastis dan turis dari luar daerah berkurang, Bali mengandalk­an pelancong lokal. ’’Jadi, wisatawan lokal dapat mendorong industri perhotelan saat pasar sedang lesu seperti sekarang,’’ ungkapnya.

Sementara itu, keinginan untuk kembali melakukan perjalanan akan mendorong weekend leisure. Akibatnya, perjalanan domestik lebih cepat pulih ketimbang perjalanan internasio­nal. Bahkan, segmen weekend

leisure akan memimpin pemulihan saat perjalanan internasio­nal, terutama yang menggunaka­n transporta­si udara, membutuhka­n waktu lebih lama untuk pulih.

Kinerja hotel-hotel di seluruh Asia Pasifik memburuk pada triwulan kedua. Rata-rata okupansiny­a hanya 33,9 persen.

Executive Director and Head of Hotels & Leisure for Valuation & Advisory Services Colliers Internatio­nal Asia Govinda Singh menegaskan bahwa Covid-19 melemahkan perekonomi­an global. Dalam waktu dekat, proyeksiny­a pun tidak akan beda jauh. Karena itu, prospek industri perhotelan di Asia akan tetap redup. ’’Meskipun demikian, kami yakin perhotelan akan pulih setelah masyarakat kembali melakukan perjalanan,’’ ucapnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? TENGAH KOTA: Hotel yang berorienta­si bisnis di pusat keramaian Surabaya berusaha keras untuk bertahan pada era transisi kelaziman baru seperti sekarang.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS TENGAH KOTA: Hotel yang berorienta­si bisnis di pusat keramaian Surabaya berusaha keras untuk bertahan pada era transisi kelaziman baru seperti sekarang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia