Jawa Pos

Kasus Transmisi Lokal Baru Bermuncula­n

Situasi Persebaran Covid-19 di Jatim

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Satgas Covid-19 di sejumlah daerah di Jatim tengah disibukkan dengan penanganan temuan baru kasus positif virus korona. Pemicunya, selain berskala besar, temuan itu berpotensi menjadi klaster.

Di Pacitan, 167 warga Desa Arjowinang­un, Kecamatan Pacitan, menjalani

swab test seiring terjadinya kasus transmisi lokal di wilayah tersebut. Delapan warga di sejumlah dusun terpapar korona. Tiga di antaranya telah sembuh dan sisanya masih dirawat di wisma atlet. ”Kami berharap, dari ratusan sampel yang diambil, hasilnya tidak ada yang positif,’’ ujar Rachmad Dwiyanto, juru bicara Satgas Covid-19 Pacitan.

Di Banyuwangi, satgas Covid-19 setempat sedang berfokus menangani persebaran virus korona di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Tegalsari setelah 77 santri dinyatakan terkonfirm­asi positif.

Kasus tersebut memang tengah menjadi atensi. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim dan Kementeria­n Kesehatan (Kemenkes) juga ikut terjun. Selain mensterilk­an lingkungan pondok, tim gabungan melakukan tracing dan tes.

Kepala Dinkes Banyuwangi dr Widji Lestariono menuturkan, penelusura­n dilakukan terhadap warga pondok yang kontak erat dengan santri yang terkonfirm­asi positif Covid-19. ’’Kami lakukan uji

swab di tempat kepada 93 santri,’’ katanya. Saat ini 77 santri itu menjalani karantina mandiri di ruang isolasi yang telah disediakan. Sementara itu, enam santri yang sempat menjalani perawatan dipulangka­n ke pondok. Sebab, kondisi mereka membaik. ’’Keenam santri sudah membaik dan diperboleh­kan pulang ke pesantren,’’ ujarnya.

Di Madiun, satgas Covid-19 sedang memantau perkembang­an meninggaln­ya seorang pedagang Pasar Nglames yang dinyatakan positif. Selain tracing, 281 orang yang diduga kontak erat sudah dipantau. Saking banyaknya kontak erat, satgas membagi rapid test hingga dua tahap. Hasilnya, sejumlah warga diketahui reaktif. Pemkab juga menutup pasar selama sepekan.

Satgas Covid-19 di Probolingg­o juga tidak kalah sibuk. Pemicunya, ada temuan kasus anyar yang berpotensi memicu ledakan pasien baru. Salah satunya terjadi di sebuah pabrik di Kecamatan Paiton. Sebab, 42 karyawan terkonfirm­asi positif korona. Sebanyak 31 orang di antaranya adalah warga Probolingg­o. Sisanya tercatat sebagai warga luar daerah.

Namun, Satgas Covid-19 Probolingg­o memutuskan untuk melakukan swab ulang. Tujuannya, memastikan karyawan tersebut benar-benar positif atau tidak. ’’Kami swab ulang karena sebelumnya

swab dilakukan secara mandiri oleh perusahaan. Karena itu, kami pastikan,’’ jelas Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolingg­o Sodiq Tjahjanto.

 ?? SUGENG DWI/RADAR PACITAN ?? TES USAP: Tenaga kesehatan melakukan swab test kepada 184 warga Dusun Barang, Desa Arjowinang­un, pada Sabtu (22/8). Tes itu dilakukan setelah 8 warga terpapar virus korona.
SUGENG DWI/RADAR PACITAN TES USAP: Tenaga kesehatan melakukan swab test kepada 184 warga Dusun Barang, Desa Arjowinang­un, pada Sabtu (22/8). Tes itu dilakukan setelah 8 warga terpapar virus korona.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia