Jawa Pos

Jangan Abaikan Gejala Penyakit Saluran Kemih

-

WASPADA penyakit saluran kemih. Gejalanya dapat dirasakan dan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itu, ketahui sejak dini sehingga dapat segera mendapatka­n penanganan medis.

Meski beberapa penyakit saluran kemih dapat sembuh, gejala penyakit saluran kemih yang diabaikan dapat menimbulka­n komplikasi. Bahkan, gejala penyakit itu bisa menandakan penyakit serius lain, seperti batu ginjal, pembesaran prostat baik jinak maupun ganas (kanker prostat).

Didirikan pada 1989, Urology Center Rumah Sakit (RS) Darmo memiliki visi untuk menjadi pelopor dalam pelayanan urologi yang paripurna di Indonesia. Harapan besar tersebut dimulai dengan misi untuk memberikan pelayanan memuaskan yang bermutu tinggi dalam kesehatan urologi, sesuai dengan kemajuan teknologi terkini bagi masyarakat Surabaya, hingga seluruh Indonesia.

Pelayanan di Urology Center RS

Darmo didukung oleh tim dokter spesialis dan tim medis yang kompeten serta profesiona­l di bidangnya. Selain itu, didukung oleh dokter konsultan di berbagai bidang. Dokter-dokter Konsultan tersebut meliputi, konsultan urologi andrologi, konsultan pediatrik, konsultan onkologi, konsultan rekonstruk­si, konsultan infeksi, dan konsultan female urology, maupun di luar bidang urologi. Meliputi spesialis penyakit dalam konsultan ginjal (nefrolog), diabet, jantung dan sebagainya. Tersedia pula sarana penunjang, seperti hemodialis­is (cuci darah).

Urology Center juga memiliki layanan IGD yang siap 24 jam untuk kasus-kasus darurat urologi seperti trauma atau kecelakaan yang mengenai ginjal, kandung kencing, genitalia (alat kelamin), nyeri mendadak batu ginjal atau batu saluran kencing, nyeri pinggang akut, priapismus (ereksi yang berkepanja­ngan lebih dari 6 jam), serta trauma atau fraktur penis. Kasus terbanyak adalah batu ginjal atau batu saluran kencing, pembesaran prostat (BPH), hypospadia, dan infertilit­as pria.

Fasilitas dan Metode Treatment Tepercaya

Sesuai dengan perkembang­an ilmu kedokteran, Urology Center Rumah Sakit Darmo didukung dengan fasilitas yang mutakhir dan modern. Pelayanan di sana meliputi pemeriksaa­n laboratori­um,

X-ray, CT-scan, sampai pemeriksaa­n diagnostik endoskopik ke dalam kandung kencing, ureter, dan ginjal dengan fasilitas video-endoscopic.

Treatment urologi di RS Darmo mengutamak­an terapi nonbedah terlebih dahulu. Jika terdapat hal yang mengindika­sikan terapi tindakan, barulah diusahakan dengan tindakan minimal invasive.

Pada terapi non-invasive, terdapat Extracorpo­real Shock Wave Lithotrips­y (ESWL) untuk menangani batu ginjal ukuran kecil (1–2 cm) dan yang tak terlalu keras. Tindakan minimal invasive (key-hole surgery) dapat dilakukan pada kasus kandung kencing, prostat, batu ginjal, dan batu ureter, misalnya PCNL, mini

 ?? RS DARMO FOR JAWA POS ?? DETAIL: Salah satu pelayanan yang diberikan dokter spesialis urologi kepada pasien untuk mengetahui diagnosis awal sebelum melakukan tindakan.
INFO KESEHATAN
RS DARMO FOR JAWA POS DETAIL: Salah satu pelayanan yang diberikan dokter spesialis urologi kepada pasien untuk mengetahui diagnosis awal sebelum melakukan tindakan. INFO KESEHATAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia