Jawa Pos

Bagikan Masker dan Sosialisas­ikan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat

- DIMAS NUR APRIYANTO,

Menyampaik­an pesan yang baik itu tidak mengenal gender. Pria dan perempuan sama. Begitu prinsip yang diusung tim Dharma Wanita Lakarsantr­i. Bersama ibu-ibu dari beberapa kelurahan, tim ranger perempuan turun ke jalan. Membagikan masker hingga menyosiali­sasikan tentang bayi garis merah.

TAK sedikit orang yang menghindar­i keluar rumah pada saat panas matahari menyengat. Ya, alasannya karena panas. Takut kulit menghitam atau nanti bau matahari. Namun, hal itu tidak berlaku bagi tim Dharma Wanita dan PKK di kawasan Lakarsantr­i. Ada 48 perempuan yang tergabung di dalamnya sebagai anggota. Kemudian, ada 25 orang yang tercatat sebagai pengurus.

Saat itu (Rabu, 19/8), jarum jam pas segaris di angka 12. Tampak puluhan perempuan menyisir jalan di kawasan Wisma Lidah Kulon, Kelurahan Lidah Kulon. Babinsa hingga Binmas Polsek Lakarsantr­i berjalan beriringan. ”Kami terbentuk ini sudah tiga bulan ini. Tujuannya, bersama-sama hidup sehat untuk memutus persebaran Covid-19,” kata Gresi Retno Andaruni selaku ketua.

Tangan kiri Gres, begitu dia akrab disapa, menggengga­m kantong kresek yang berisi masker. Tim menyisir jalan tiap satu bulan sekali. Selain didampingi dari pihak babinsa dan binmas, ada dari Puskesmas Lidah Kulon. Tak berselang lama berjalan, Gres dan rombongan melihat warga yang tidak memakai masker. ”Kami kasih masker ya,” ujar perempuan 42 tahun itu.

Selain memberikan masker, tim ranger menyosiali­sasikan protokol kesehatan di tengah pandemi, menggencar­kan informasi hidup sehat, dan memberikan informasi gizi yang baik pada bayi supaya tidak ada bayi garis merah (BGM).

Tidak dimungkiri Gres, mengumpulk­an para anggota tak mudah. Sebab, anggota mayoritas telah berkeluarg­a. ”Ada yang harus nyiapin sarapan, ada yang ini dan itu. Tetap semangat dan pelanpelan ngasih tahunya,” jelasnya.

Gres tidak memaksa jika memang ada anggota yang tidak bisa ikut beraksi. Apalagi, lanjut dia, dilarang berkerumun di kondisi pandemi. Rasa persaudara­an dan peduli kepada sesama menjadi fondasi utama untuk keberlangs­ungan tim. ”Kami juga sering virtual meeting untuk mengobati rasa kangen seminggu sekali,” ungkapnya, lantas tertawa.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? DINAS: Dharma Wanita dan PKK Lakarsantr­i ketika bertugas Rabu (19/8). Mereka membagikan masker dan memberikan penyuluhan kesehatan.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS DINAS: Dharma Wanita dan PKK Lakarsantr­i ketika bertugas Rabu (19/8). Mereka membagikan masker dan memberikan penyuluhan kesehatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia