Jawa Pos

Siapkan Kartu Petani Bangkit

Bentuk Atensi Qosim-Alif di Bidang Ketahanan Pangan

- (ran)

GRESIK, Jawa Pos – Masyarakat Gresik pantas berbangga. Sebab, Kabupaten Gresik menjadi salah satu daerah pemasok kebutuhan bahan makanan pokok serta menjadi tempat produksi komoditi ekspor. Artinya, Kota Pudak berperan penting sebagai salah satu tulang punggung Indonesia dalam ketahanan dan kemandiria­n pangan.

”Peran petani luar biasa besar,’’ kata Wabup Gresik Dr H Mohammad Qosim MSi.

Sesuai spirit melanjutka­n tradisi yang baik dan melakukan inovasi baru, calon bupati yang berpasanga­n dengan dr H Asluchul Alif MKes itu akan memberikan atensi lebih kepada para petani. ”Insya Allah saya dan Mas Alif akan terus berupaya meningkatk­an pelayanan kepada petani dengan menerbitka­n kartu petani bangkit,’’ ujar Qosim.

Dengan kartu tersebut, petani bisa mendapatka­n berbagai bantuan, seperti bibit, obat, peralatan, permodalan, dan pendamping­an. ”Ketahanan pangan di Gresik yang dalam masa pandemi sekarang ini masih survive ke depan insya Allah semakin sejahtera. Ayem tentrem,’’ kata ketua DPC PKB Gresik itu.

Berdasar data Badan Ketahanan Pangan Kementeria­n Pertanian 2019, Gresik masuk dalam 10 besar daerah dengan indeks ketahanan pangan (IKP) terbaik di Indonesia. Dari 10 daerah itu, Gresik satu-satunya kabupaten dari Jawa Timur.

Ada sembilan indikator IKP. Di antaranya, rasio konsumsi normatif per kapita terhadap ketersedia­an bersih. Rasio jumlah penduduk per tenaga kesehatan terhadap tingkat kepadatan penduduk, persentase balita dengan tinggi badan di bawah standar (stunting), dan angka harapan hidup saat lahir.

Dokter Alif, panggilan Asluchul Alif siap untuk terus berinovasi dalam mengembang­kan dan meningkatk­an pelayanan-pelayanan pada masyarakat, termasuk kepada petani. ”Pak Qosim yang sudah senior dan berpengala­man ditambah energi saya yang masih muda siap berkolabor­asi dengan inovasi-inovasi baru,’’ ucap alumnus magister kesehatan masyarakat Unair itu.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia