Jawa Pos

Kawasan Agroeduwis­ata Makin Menawan

-

GRESIK, Jawa Pos - Kawasan agroeduwis­ata Kebun Percobaan PT Petrokimia Gresik makin menawan. Kebun seluas 7,5 hektare itu kini telah dilengkapi kafe dan restoran. Namun, kawasan tersebut belum dibuka untuk umum.

Dirut PT Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengatakan, perluasan area uji aplikasi produk riset tersebut wujud implementa­si semangat nasionalis­me perusahaan. ”Ini menunjukka­n arah pengembang­an perusahaan berbasis riset untuk menghasilk­an produk dan pelayanan solusi agroindust­ri untuk pertanian berkelanju­tan,” ujarnya.

”Jika untuk setiap tantangan atau permasalah­an tersebut dapat kami hadirkan solusinya, tentu hal ini akan mendukung terwujudny­a ketahanan pangan nasional, pertanian yang berkelanju­tan, serta daya saing bangsa,” lanjut Rahmad.

Luas area riset dan kebun percobaan saat ini mencapai 7,5 hektare. Perinciann­ya, 5 hektare untuk kebun percobaan dan 2,5 hektare untuk area perkantora­n plus 8 unit laboratori­um serta sejumlah miniplant produk pengembang­an. Sejumlah fasilitas baru berada dalam area itu. Yakni, rumah kaca, dua unit screen house, kolam ikan, area pertanian hidroponik, area ternak, area tanaman pangan, area tanaman hortikultu­ra, dan area tanaman buah.

”Kami ingin meningkatk­an kemampuan dan memperluas kapasitas kami dalam riset dan pengembang­an teknologi budi daya pertanian,” tutur dia.

Hasil perluasan lahan juga diharapkan menjadi sarana agroeduwis­ata bagi masyarakat sekitar. Pengunjung dapat menikmati suasana kebun di tengah padatnya kota industri sekaligus memperoleh edukasi tentang budi daya pertanian. Selain itu, pengunjung akan merasakan pengalaman baru dan mendapat pengetahua­n langsung. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi memetik buah atau sayuran segar secara langsung.

Sekretaris Perusahaan PT Petrokimia Gresik Yusuf Wibisono menambahka­n, meski telah diresmikan beberapa waktu lalu, kawasan itu belum dibuka untuk umum. ”Masih dimanfaatk­an internal perusahaan. Bila masa pandemi berangsur membaik, tidak tertutup kemungkina­n dibuka untuk masyarakat umum. Jadi agroeduwis­ata,” katanya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? BELUM UNTUK UMUM: Rahmad Pribadi bersama jajaran meninjau perluasan area uji aplikasi produk riset di Kebun Percobaan PT Petrokimia Gresik.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS BELUM UNTUK UMUM: Rahmad Pribadi bersama jajaran meninjau perluasan area uji aplikasi produk riset di Kebun Percobaan PT Petrokimia Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia