Jawa Pos

Korsleting, Ruang Karyawan Pabrik Es Terbakar

-

SURABAYA, Jawa Pos − Kebakaran terjadi di Pabrik Es Tirta Maya, Jalan Ikan Dorang, Krembangan, kemarin (23/8). Korsleting listrik membuat ruang istirahat pegawai habis dilalap api. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kebakaran terjadi pada pukul 08.20. Banyaknya barang yang mudah terbakar membuat api dengan cepat membesar dan mulai merembet ke bangunan lain.

Mengetahui hal itu, aktivitas operasiona­l berhenti. Seluruh pegawai keluar dari area pabrik untuk menyelamat­kan diri dan berupaya memadamkan api secara manual. Sambil menunggu datangnya petugas.

”Apinya memang belum begitu besar, tapi sangat membahayak­an. Selain cukup dekat dengan SPBU, titik kebakaran sangat dekat dengan gedung Puskopal TNI-AL. Saya langsung lapor ke petugas pemadam kebakaran melalui Call Center 112,” kata Tri Hari, warga setempat.

Laporannya direspons cepat. Pukul 08.26, petugas tiba di lokasi. Kepala Dinas PMK Surabaya Dedik Irianto mengatakan, puluhan petugas dan sembilan kendaraan diterjunka­n. Saat petugas datang, kobaran api mulai menyambar ruang istirahat pegawai.

Proses pemadaman dilakukan. Untuk mengisolas­i api, pemadaman langsung dilakukan pada sumber api. Yaitu, ruang panel listrik. Kerja keras petugas menuai hasil manis. Dalam waktu 15 menit, kobaran api bisa dikendalik­an. Pukul 08.41, seluruh api telah padam, kemudian dilanjutka­n pembasahan selama 15 menit. Sekitar pukul 09.00, seluruh petugas balik kanan ke markas komando.

”Yang terbakar ruang panel listrik dan ruang istirahat karyawan seluas 2 x 5 meter. Beruntung, tidak ada korban jiwa dan luka-luka dalam peristiwa tersebut,” ucap Dedik.

Sepanjang 2020, kebakaran di Surabaya Utara mencapai 43 kejadian. Yakni, 17 bangunan, 5 kendaraan, dan alang-alang mencapai 21 kejadian.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? GERAK CEPAT: Petugas pemadam kebakaran membasahi area pabrik es yang terbakar di Jalan Ikan Dorang kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS GERAK CEPAT: Petugas pemadam kebakaran membasahi area pabrik es yang terbakar di Jalan Ikan Dorang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia