Jawa Pos

Isolasi Mandiri, Tes Swab Kontak Erat

Istri Mendiang Cak Nur Positif Covid

-

SIDOARJO, Jawa Pos − Duka masih dirasakan warga Kota Delta atas meninggaln­ya Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin. Hasil tes swab menunjukka­n pejabat yang akrab disapa Cak Nur itu positif terpapar virus korona jenis baru (Covid-19). Hari ini, para pihak yang melakukan kontak erat menjalani uji swab.

Sudah ada 12 orang yang masuk daftar untuk tes swab. Terdiri atas juru mudi, juru masak, hingga ajudan. Mereka yang dalam waktu terakhir kontak erat dengan Cak Nur, termasuk keluargany­a.

”Istri beliau sudah swab. Hasilnya positif (Covid-19),” kata Kepala Dinas Sidoarjo Syaf Satriawarm­an kemarin.

Saat ini istri mendiang Cak Nur, Turidatus Salimah, menjalani isolasi mandiri. Dia tidak mengalami gejala sakit. Kondisinya juga baik. Tidak ada keluhan batuk, sesak, maupun demam.

Pihak dinkes terus melakukan

tracing untuk memutus mata rantai persebaran virus. Selain para pihak yang kontak erat di rumah dinas, tes swab juga bakal dilakukan terhadap pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Mereka yang berhubunga­n dengan Cak Nur sepekan terakhir.

Termasuk Syaf sendiri. Dia bertemu dengan pemimpin yang pernah menjadi ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo itu saat upacara kemerdekaa­n. Tapi, kala itu mereka tidak intens berkomunik­asi.

Padahal biasanya, setelah acara, Syaf diajak makan bersama. Namun, kala itu dia tidak mendapat ajakan. Ada kemungkina­n Cak Nur tidak ingin diketahui kondisinya yang sudah merasakan sakit.

”Beliau tidak ingin semua orang tahu jika tengah sakit,” katanya.

Syaf menyatakan, jika ada yang hasil tes swab-nya positif, pihak dinkes bakal cepat melakukan pelacakan. Mereka yang kontak dengan pihak positif pun akan diminta untuk dites swab. Mereka boleh menjalani isolasi mandiri di rumah.

Jika ada yang berkeingin­an isolasi mandiri di hotel, dinkes juga tidak melarang. ”Tempat masih longgar,” tambah Sekretaris Dinkes Sidoarjo Zuhaida. Hotel yang berkapasit­as 70 orang itu terakhir diisi orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 34 orang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia