Jawa Pos

BHS Perhatikan Pasokan Air Lahan Pertanian

-

BAKAL calon bupati (bacabup) Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS) meminta Pemkab Sidoarjo serius mengelola lahan pertanian di 20 desa di Kecamatan Tarik, Sidoarjo. Politikus Partai Gerindra itu meminta lahan pertanian di Tarik menjadi penopang utama untuk mewujudkan swasembada pangan.

Dia tidak mau jika lahan pertanian di Tarik kekurangan pasokan air. Apalagi, lahan pertanian tersebut berdekatan dengan long storage berdaya tampung 40 juta meter kubik air dan berdekatan dengan aliran Sungai Brantas (Porong).

’’Harusnya, Tarik tidak boleh kekurangan air. Ini ironis. Long storage dibangun dengan APBN Rp 600 miliar, tapi sampai sekarang belum berfungsi untuk pengairan wilayah Tarik sama sekali,’’ ujar BHS saat dialog dengan petani, mengecek pintu air dan pasokan air dari Rolag 9 perbatasan Sidoarjo-Mojokerto pada akhir Juli lalu.

Menurut BHS, pemicu kekurangan pasokan air di Tarik itu karena saluran sekunder (kanal) mengalami pendangkal­an. ’’Saya minta Pemkab Sidoarjo menangani (normalisas­i) sungai saluran sekunder. Penganggar­annya harus dimasukkan rancangan APBD agar tahun depan bisa direalisas­ikan,’’ imbuhnya.

Tidak hanya itu, BHS akan mengecek kondisi sumber air di Batu karena semua sumber air di Sidoarjo berasal dari Batu. Alumnus ITS tersebut bakal mengajak tim ITS Surabaya untuk membuat rancangan bendungan agar air sungai dari Rolag 9 dan lainnya tidak terbuang percuma ke ke laut.

’’Saya bakal berkomunik­asi dengan Dirjen Sumber Daya Air (SDA, Red), Kementeria­n Pekerjaan Umum (PU) agar bisa dibangunka­n bendungan lagi agar air sungai tidak dibuang ke laut itu,’’ tegas bacabup yang mendapatka­n rekom resmi Partai Gerindra ini.

 ?? TIM BHS FOR JAWA POS ?? PEDULI PETANI: BHS bersama petani mengecek pintu air dan pasokan air dari Rolag 9 perbatasan Sidoarjo-Mojokerto pada akhir Juli lalu.
TIM BHS FOR JAWA POS PEDULI PETANI: BHS bersama petani mengecek pintu air dan pasokan air dari Rolag 9 perbatasan Sidoarjo-Mojokerto pada akhir Juli lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia