Jawa Pos

Jaksa Agung Pindah Kantor ke Ragunan

-

KEBAKARAN hebat di gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung) memaksa Korps Adhyaksa memindahka­n kantor jaksa agung. Untuk sementara, mulai hari ini Sanitiar Burhanuddi­n sebagai orang nomor satu di Korps Adhyaksa berkantor di Badan Diklat Kejaksaan, Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel)

Keputusan tersebut diambil lantaran ruang kerja Burhanuddi­n di gedung utama Kejagung ikut terbakar. Selain mantan jaksa agung muda bidang perdata dan tata usaha negara (Jamdatun) itu, Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi harus pindah tempat kerja.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenku­m) Kejagung Hari Setiyono menyampaik­an bahwa ruang kerja wakil jaksa agung yang berada di lantai 2 gedung utama Kejagung juga tidak bisa diselamatk­an.

”Mulai besok (hari ini, Red) beliau (jaksa agung dan wakilnya) berkantor di Badan Diklat Kejaksaan,” ungkap Hari.

Lokasi persis kantor sementara Burhanuddi­n dan Setia Untung, lanjut dia, di kampus A institusi pendidikan kejaksaan tersebut. Di tempat yang sama, Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Bambang Sugeng Rukmono juga berkantor sementara. Termasuk staf-staf mereka yang sehari-hari bekerja di gedung utama Kejagung.

Secara lebih terperinci, Hari menyebutka­n, petugas di biro perencanaa­n, biro hukum, dan biro kepegawaia­n juga ikut pindah kerja sementara waktu ke Badan Diklat Kejaksaan di Ragunan. ”Sementara Jamintel (Jan S. Maringka) beserta staf akan berkantor di Badan Diklat Gedung B di Daerah Ceger, Cipayung, Jakarta Timur (Jaktim),” ujarnya.

Meski kantor mereka baru saja terbakar habis, Hari menyatakan bahwa seluruh jajaran Kejagung tetap bekerja seperti biasa. ”Kinerja nggak ada masalah. Pak Jaksa Agung bekerja di mana pun secara institusi semua jalan,” katanya.

Meski demikian, kerja-kerja tersebut tentu bakal terpengaru­h oleh insiden kebakaran Sabtu malam (22/8). Khusus pegawai Kejagung yang tidak berkantor di gedung utama, mereka juga tetap bekerja sesuai ketentuan yang diterapkan selama pandemi virus korona.

Puluhan tahanan Kejagung juga sudah dikembalik­an dari Rumah Tahanan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan ke Rumah Tahanan Salemba Cabang Kejagung.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono menyatakan, para tahanan sempat dipindahka­n lantaran asap dari gedung yang terbakar sampai rumah tahanan. ”Tadi malam (Sabtu malam, Red) masih 25 orang tahanan,” ungkapnya.

Seiring tuntasnya pemadaman api di gedung utama, mereka dibawa kembali ke Rumah Tahanan Salemba Cabang Kejagung. Berdasar informasi yang diterima Hari, pemindahan para tahan tersebut dilaksanak­an kemarin sore. ”Semua tahu sekarang kondisinya sudah cukup bagus, udara sudah cukup bagus,” imbuhnya.

Menurut dia, pihaknya juga sudah memeriksa langsung kondisi di rumah tahanan itu. Hasilnya, rumah tahanan tersebut sudah dinilai aman untuk kembali digunakan.

 ??  ??
 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? SETELAH API PADAM: Petugas memeriksa salah satu bagian gedung utama Kejagung kemarin.
SALMAN TOYIBI/JAWA POS SETELAH API PADAM: Petugas memeriksa salah satu bagian gedung utama Kejagung kemarin.
 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? Sanitiar Burhanuddi­n
HENDRA EKA/JAWA POS Sanitiar Burhanuddi­n

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia