Jawa Pos

Unesa Gelar Serangkaia­n Jalur Mandiri

-

SURABAYA, Jawa Pos – Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) kini mempersiap­kan seleksi masuk jalur sistem penerimaan mahasiswa baru (SPMB). Jalur prestasi sebagai bagian dari SPMB sudah ditutup. Kini kampus yang dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya itu mempersiap­kan seleksi jalur nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan tes masuk Unesa berbasis komputer (TMUBK).

Peserta yang tidak lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) bisa mengikuti seleksi jalur mandiri dengan nilai UTBK-nya. Nilai yang diraih pada saat SNMPTN akan menjadi pertimbang­an masuk Unesa. ”Nanti kami urutkan dari situ yang terbaik,” kata Ketua SPMB Unesa Tahun Akademik 2020–2021 Ari Wahyudi pekan lalu.

Hingga saat ini, ada 3.000-an pendaftar jalur tersebut dan terus bertambah setiap detik. Pendaftara­n jalur itu dibuka hingga hari ini (24/8). Verifikasi peserta dilakukan besok (25/8). Tidak membutuhka­n waktu lama untuk mengetahui hasilnya karena akan diumumkan sehari setelah verifikasi, yakni lusa (26/8).

Daftar ulang beserta pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) dan sumbangan pengembang­an institusi (SPI) dilakukan pada 26–28 Agustus. ”Kalau jalur ini, ya cukup banyak juga peminatnya karena langsung pakai nilai UTBK nasional. Jadi, mereka yang tidak lolos SNMPTN tidak perlu berkecil hati,” sambung Ari.

Di luar itu, ada juga jalur TMUBK. Jalur tersebut dibuka hingga 31 Agustus. Untuk bisa lolos, peserta harus melewati serangkaia­n ujian. Mulai ujian kemampuan akademik berbasis komputer hingga ujian keterampil­an secara online. Ujian itu khusus bagi peserta yang mendaftar pada program studi seni dan olahraga. Ujian tersebut dilakukan secara online demi mengurangi risiko persebaran SARS-CoV-2.

Hasil tes akan diumumkan pada 3 September. Kemudian, dilanjutka­n dengan daftar ulang dan pembayaran biaya kuliah pada 3–5 September. ”Untuk jalur mandiri ini, kami persiapkan semuanya sebaik mungkin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia