Jawa Pos

Chelsea Rp 4 Triliun dan Musim Kelima Pep

-

LIVERPOOL FC (LFC) backto-back juara Premier League? Faktanya, selama 29 musim kompetisi kasta teratas itu bergulir, hanya tiga klub yang berhasil mempertaha­nkan gelar. Yaitu, Manchester United, Manchester City, dan Chelsea. Karena itu, tak satu pun rumah bursa di Inggris maupun Eropa yang menempatka­n LFC sebagai favorit.

The Reds hanya diposisika­n kedua setelah City. The Citizens diklaim bisa merampas kembali mahkota juara. Tim asuhan Pep Guardiola itu sekaligus yang terakhir yang meraih juara backto-back (2017–2018 dan 2018– 2019). ”Musim ini menjadi musim yang penuh tekanan bagi Pep karena merupakan musim kelimanya,’’ tulis Manchester Evening News.

Selama karirnya di dunia kepelatiha­n, baru kali ini Pep menjalani musim kelima. Pelatih berjuluk Sang Filsuf itu mentok hanya bertahan empat musim bersama FC Barcelona.

Hanya, menurut talkSPORT, pembelian Ferran Torres dan Nathan Ake dianggap tidak sebanding dengan kehilangan David Silva dan Leroy Sane. Dengan belanja EUR 78,8 juta (Rp 1,39 triliun), City tidak ada apaapanya ketimbang Chelsea.

Ya, musim panas ini menjadi penahbisan The Blues sebagai klub paling jor-joran di bursa transfer. Klub milik Roman Abramovich tersebut telah menghabisk­an EUR 223,2 juta atau hampir Rp 4 triliun untuk Hakim Ziyech, Timo Werner, Ben Chilwell, dan Kai Havertz. Nama terakhir sekaligus pemain termahal musim panas dengan fee EUR 80 juta (Rp 1,4 triliun).

”Yang paling dinantikan di Premier League musim ini adalah gebrakanCh­elseadenga­nrekrutan baru mereka yang salah satunyater­mahal(Havertz,Red),”tulis Football London.

PEMAIN TERMAHAL: Aksi gelandang serang Chelsea Kai Havertz saat menjalani sesi latihan di Cobham Training Center pada Rabu lalu (9/9).

 ?? THE SUN ??
THE SUN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia