Jawa Pos

Optimalkan Pemain yang Ada

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sudah hampir dua pekan Persebaya Surabaya melakoni latihan. Mereka berlatih tanpa striker utama David da Silva. Pemain asal Brasil itu belum menemui kata sepakat dengan manajemen soal kontrak anyar. Memang, Da Silva adalah sosok penting bagi Green Force, julukan Persebaya. Musim lalu, pemain 30 tahun itu mencatatka­n 12 gol dan 3 assist dari 16 laga yang dilakoni. Kehadiran Da Silva jelas sangat ditunggu. Tapi, kalaupun dia tidak kembali, pemain Persebaya tetap harus pede. ’’Kami harus percaya dengan pemain yang ada saat ini, harus kompak,’’ kata winger Irfan Jaya. Irfan adalah salah satu tandem Da Silva di lini depan. Dia sering mengisi posisi winger kanan. Sementara winger kiri jadi milik Mahmoud Eid. Bedanya, Irfan bermain dengan Da Silva sejak musim 2018. Chemistry antar keduanya jelas sudah terjalin baik. Nah, jika Da Silva lepas, mungkin posisi striker diisi Mahmoud Eid. Irfan tak masalah siapa pun nanti yang bermain.

Rencananya, hari ini Persebaya melakoni internal game. Dalam laga uji coba, ada dua opsi. Pertama adalah dengan melawan tim internal. Lalu, pemain yang hadir dalam sesi latihan dibagi menjadi dua tim, kemudian bertanding. Pelatih Persebaya Aji Santoso belum bisa memberikan kepastian. ’’Karena kalau memang ada internal game harus tanpa penonton. Lihat nanti seperti apa. Yang jelas latihan normal lah,’’ terang pelatih 50 tahun tersebut.

Jika melakoni internal game, Aji bisa menjajal striker baru. Ada tiga opsi pemain yang bisa mengisi pos Da Silva tersebut. Selain Mahmoud, ada Patrich Wanggai dan pemain Persebaya U-20 Venko Armedya. Kans Mahmoud dan Patrich jauh lebih besar. Sebab, keduanya lebih memiliki pengalaman jika dibanding dengan Venko.

 ?? ANGGER BONDAN /JAWA POS ?? DISKUSI: Aji Santoso dan jajaran asisten pelatih Persebaya merancang persiapan terbaik untuk menyongson­g lanjutan Liga 1 musim 2020.
ANGGER BONDAN /JAWA POS DISKUSI: Aji Santoso dan jajaran asisten pelatih Persebaya merancang persiapan terbaik untuk menyongson­g lanjutan Liga 1 musim 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia