Jawa Pos

Machfud Arifin Cerita Detail Terdeteksi Covid-19

Sebelum Daftar ke KPU, Sudah Negatif dan Tuntaskan Isolasi Mandiri

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bakal calon wali kota Surabaya Machfud Arifin blak-blakan menceritak­an kondisi kesehatann­ya. Mulai positif Covid19 hingga menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Mantan Kapolda Jawa Timur itu mengaku sempat mengalami gejala ringan berupa suara serak pada 24 Agustus. Dari hasil konsultasi dengan dokter pribadinya, dia tak disarankan untuk tes swab. ”Tetapi, saya berinisiat­if untuk tes swab sendiri pada 26 Agustus dan hasilnya positif tanpa gejala,” ujarnya saat menggelela­r konferensi pers virtual kemarin (11/9).

Dengan didampingi dokter spesialis penyakit dalam, Machfud menjalani isolasi mandiri. Seluruh anggota keluarga, kru, dan penjagaan dipisah di lantai berbeda. Semuanya menjalani tes swab dan hasilnya negatif. Pada 29 Agutus, Machfud kembali tes swab dan hasilnya masih positif Covid-19.

Machfud juga mengaku rutin olahraga di rumah. Pada 5

September, dia menjalani tes swab di RS National Hospital. Nah, kali ini purnawiraw­an jenderal bintang dua itu dinyatakan negatif Covid-19. Dokter juga menyebutka­n bahwa isolasinya sudah selesai. ”Makanya, besoknya pas tanggal 6, saya berani datang ke KPU untuk mendaftar,” ucapnya.

Pada Senin (7/9), Machfud mengikuti uji usap di RSUD dr Soetomo bersama bakal calon wakil wali kota Mujiaman. Hasilnya baru keluar dua hari kemudian. Hasil tes swab Machfud berbeda dengan yang biasanya dikeluarka­n pihak rumah sakit. Bukan negatif atau positif. Tapi, hasil tes swab menunjukka­n adanya virus yang terdeteksi.

Pihak KPU Surabaya menyimpulk­an bahwa Machfud positif Covid-19. Machfud pun diberi surat agar menjalani isolasi hingga 17 September.

”Secara klinis, saya sehat dan bisa beraktivit­as normal. Tetapi, kita sebagai warga negara tetap mematuhi aturan yang ada dan akan kita jalani itu,” terangnya. Menurut rencana, Machfud dijadwalka­n menjalani pemeriksaa­n ulang pada Senin (14/9) di RSUD dr Soetomo.

Sementara itu, dokter Dani Irawan SpPD yang merawat Machfud menjelaska­n, orang berstatus tanpa gejala yang sudah menjalani isolasi 10 hari plus 3 hari dan bila tetap tanpa gejala berarti isolasinya dianggap selesai. Hal itu berdasar pedoman World Health Organizati­on. ”Dan beliau sudah dinyatakan negatif pada 5 September. Tentu kita tidak meragukan alat yang dipakai oleh NH (National Hospital),” ucapnya.

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang juga mengikuti video telekonfer­ensi mengaku salut pada Machfud. Dahlan merasa iri karena Machfud sudah pernah kena Covid-19 tanpa gejala dan berani membuka masalah pribadi kepada publik. Dia meminta Machfud menceritak­an gaya hidupnya sehingga bisa tahan Covid-19. ”Pak Machfud mampu melewatiny­a dengan baik. Ini artinya tubuh beliau memang sehat karena gaya hidup yang sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Miratul Mukminin, ketua tim pemenangan MA-Mujiaman, memastikan bahwa pihaknya akan mengikuti aturan dari KPU maupun pihak rumah sakit terkait tahapan pilwali. Kegiatan-kegiatan berikutany­a tetap berpedoman pada protokol kesehatan. ”Selama ini kita juga sudah menerapkan protokol kesehatan selama berkegiata­n. Jadi, kami yakin ke depan Pak MA bisa menjadi contoh yang baik terkait penerapan protokol kesehatan,” jelas mantan bupati Magetan itu.

Di tempat lain, para relawan KIP Progo 5 yang merupakan pendukung Khofifah Indar Parawansa menggelar acara deklarasi di Hotel Bidakara kemarin. Mujiaman tampak hadir di lokasi. Sementara itu, Machfud mengikuti deklarasi bersama istrinya via telekonfer­ensi. Ketua Relawan Rahman Achmad menyatakan siap mendukung penuh dan membantu pemenangan Machfud-Mujiaman dalam pilwali Desember mendatang.

 ?? AFRIZAL/JAWA POS ?? BERI PENJELASAN: Machfud didampingi istrinya, Lita Machfud Arifin, menceritak­an kronologi dirinya terpapar Covid-19 sampai harus menjalani isolasi mandiri di rumah.
AFRIZAL/JAWA POS BERI PENJELASAN: Machfud didampingi istrinya, Lita Machfud Arifin, menceritak­an kronologi dirinya terpapar Covid-19 sampai harus menjalani isolasi mandiri di rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia