Jawa Pos

Tahap I Sudah Capai 100 Persen

Akhir Bulan, Uji Ketahanan Struktur

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n jalan layang Teluk Lamong tahap pertama kini mencapai 100 persen. Jalan tersebut menghubung­kan area jalur Terminal Teluk Lamong dengan interchang­e menuju akses GBT dan tol Romokalisa­ri. Pada tahap I, jalan layang digarap sepanjang 1,95 km.

Harry Adhi Dharma, pelaksana utama proyek flyover Teluk Lamong, menjelaska­n bahwa pihaknya sedang merapikan beberapa titik. Pemasangan PJU dan penambahan tanaman di sepanjang jalan juga sudah selesai. Pengaspala­n sudah beres dilakukan dari dua arah secara paralel. ”Sekarang tinggal perbaikan rigid lama di jalan keluar terminal. Itu beres pekan ini,” jelasnya. Pengerjaan tersebut dinilai tepat waktu dengan target selesai pada Agustus 2020.

Untuk menyelesai­kan kelayakan jalan layang, pihaknya akan menguji ketahanan struktur. Proses pengujian dilakukan akhir September. Pengujian tersebut meliputi static loading test dan dynamic loading test. Tes tersebut dilakukan dengan meletakkan beban kendaraan secara diam dan berjalan di bentang jembatan. ”Kita atur sekitar 360 ton bebannya,” papar Harry.

Hasil uji ketahanan tersebut menunjukka­n kesiapan penggunaan jalan layang. ”Jadi persyarata­n layak fungsi atau tidak nanti,” sambungnya. Meski sudah jadi, penggunaan jalan layang masih menunggu pengerjaan tahap kedua. Sebab, saat ini ujung jalan layang masih menggantun­g di sisi Osowilangu­n. ”Sekitar 3,7 meter di atas tanah,” imbuhnya.

Jalan sepanjang 450 meter akan dikerjakan pada tahap kedua. Dengan demikian, total panjang jalan layang menjadi 2,4 kilometer.

Jika jalan layang sudah terhubung dengan interchang­e, truk dari berbagai kawasan di Jawa Timur lebih mudah mengakses Terminal Teluk Lamong. ”Jadi, akan mengurangi beban jalan existing saat ini. Salah satunya jalur Osowilangu­n,” papar Kepala Humas Terminal Teluk Lamong Reka Yusmara.

Pengerjaan jalan layang yang melintas di atas jalan tol Surabaya−Gresik itu memang menggunaka­n anggaran dari Pelindo III. Proyek itu masuk dalam rancangan induk pengembang­an pelabuhan. Jalan layang tersebut juga nanti bisa dinikmati khalayak umum.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? INFRASTRUK­TUR: Flyover Teluk Lamong yang sudah jadi 100 persen. Otoritas setempat segera melakukan uji coba.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS INFRASTRUK­TUR: Flyover Teluk Lamong yang sudah jadi 100 persen. Otoritas setempat segera melakukan uji coba.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia