Jawa Pos

Lanjutan Puskesmas Dukun Tunggu Appraisal DPUTR

-

GRESIK, Jawa Pos – Proyek pembanguna­n Puskesmas Dukun sampai saat ini masih mandek. Pada 2020 tidak ada alokasi anggaran untuk melanjutka­n pembanguna­n puskesmas tersebut. Untuk melanjutka­n proyek itu, dinas kesehatan (dinkes) masih harus menunggu perhitunga­n anggaran bersama dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR).

Kepala Dinkes Pemkab Gresik drg Syaifuddin Ghozali mengatakan, pembanguna­n Puskesmas Dukun memang belum bisa dilanjutka­n pada tahun ini karena menunggu DPUTR menyelesai­kan perhitunga­n anggaranny­a. Dengan demikian, pada 2021 kelanjutan pembanguna­n bisa dilaksanak­an. ’’Insya Allah sebelum akhir tahun selesai,” ucapnya.

Puskesmas Dukun dibangun pada 2018. Namun, pihak kontraktor tidak mampu menyelesai­kan tepat waktu. Akhirnya pengerjaan dihentikan. Padahal, progres baru mencapai 50 persen. Pembanguna­n semula akan dilanjutka­n pada 2019 bersamaan dengan Puskesmas Sekapuk.

Ketua Komisi IV DPRD Gresik Mochammad mengatakan, saat ini pembanguna­n Puskesmas Dukun memang masih menunggu hasil appraisal atau perhitunga­n dari dinas PUTR. Yakni, terkait berapa yang sudah dikerjakan dan berapa kekurangan­nya. Hasil perhitunga­n itu juga digunakan untuk menentukan kebutuhan anggaranny­a. ’’Memang masih diperiksa itu,” ujarnya.

Pembanguna­n puskesmas tersebut menggunaka­n dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT). Untuk Puskesmas Sekapuk yang mulai dikerjakan pada 2020, anggaranny­a sekitar Rp 8,2 miliar. Sedangkan anggaran Puskesmas Dukun direncanak­an Rp 5,8 miliar.

’’Kami berharap segera diselesaik­an. Sebab, sejak 2018 pelayanan Puskesmas Dukun masih menyewa tempat. Padahal, di Gresik masih banyak puskesmas yang fisiknya perlu ditingkatk­an,” ujar anggota dewan dari PKB itu.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? JEMPUT BOLA: Endang Sulastri (kanan) mendatangi ruang kerja Wabup Moh. Qosim untuk melakukan sensus.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS JEMPUT BOLA: Endang Sulastri (kanan) mendatangi ruang kerja Wabup Moh. Qosim untuk melakukan sensus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia