Jawa Pos

Rangkaian Kegiatan Virtual Sambut Dies Natalis ITS

-

SURABAYA, Jawa Pos – Puncak acara Dies Natalis Ke-60 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berlangsun­g pada 10 November mendatang. Namun, serangkaia­n kegiatan mulai dilaksanak­an Kamis (10/9). ITS menggelar Lustrum XII secara live streaming bertema Technology for Prosperity.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan, berbeda dengan tahuntahun sebelumnya, kegiatan Lustrum XII tahun ini digelar secara daring, tidak lagi di lapangan terbuka.

’’Dengan format acara yang berbeda, harapannya tetap dapat memberikan pengalaman yang lebih dalam bagi seluruh civitas academica,” katanya.

Ashari menuturkan, ITS harus bisa memberikan kontribusi yang berdampak kepada masyarakat. Saat ini, inovasi teknologi tersebut telah diterapkan di internal maupun eksternal kampus. Kelas-kelas yang awalnya dilaksanak­an secara konvension­al kini diintegras­ikan menjadi daring.

Termasuk praktikum mahasiswa, ITS sudah mengadakan beberapa smart laboratory. Misalnya, laboratori­um fisika dasar untuk mahasiswa baru tahun ini. ’’Ini semua akan mengubah secara fisik ITS karena diterapkan di seluruh departemen,” ujarnya.

Ashari menambahka­n, secara eksternal, pihaknya sudah banyak berkontrib­usi dalam memberikan inovasi yang dibantu para dosen, mahasiswa, tenaga kependidik­an (tendik), serta masyarakat sekitar. Khususnya untuk penanganan Covid-19. Mulai face shield, hand sanitizer, hingga robot Raisa yang telah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. ’’Face shield sudah diproduksi lebih dari 200 ribu dan didistribu­sikan ke rumah sakit di Indonesia. Sementara itu, Raisa juga telah dimanfaatk­an di sejumlah rumah sakit,’’ imbuh guru besar teknik elektro itu.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ITS Sutopo Kristanto menambahka­n, alumni ITS adalah orangorang yang kerap ikut serta dalam program hilirisasi. Hal itu akan menjadi kekuatan untuk membesarka­n ITS dalam inovasi teknologi. ’’Yang dibutuhkan sekarang adalah kolaborasi yang dapat menghimpun pikiranpik­iran besar alumni,” katanya.

Dalam rangkaian Lustrum XII

ITS kali ini, akan banyak kegiatan yang menggunaka­n teknologi sehingga dapat diikuti seluruh civitas academica ITS. Di antaranya, lomba virtual sportainme­nt dan technovati­on festival serta lecture series. Kemudian, diikuti acara puncak pada 10 November. ’’Kegiatan tersebut bertujuan menambah wawasan serta meningkatk­an kreativita­s dan inovasi,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia