Jawa Pos

Warga Sombo Keluhkan Mahalnya Biaya Sewa Flat Indrapura

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penataan Flat Indrapura tak hanya berupa penambahan sarana fisik. Pemkot juga mulai menyusun administra­si keuangan terkait dengan pengelolaa­n dan pemakaian hunian anyar yang diresmikan pertengaha­n Agustus tersebut.

Saat ini pemkot mulai menarik retribusi pemakaian flat. Nilainya disamakan dengan hunian serupa lainnya milik pemerintah. Biaya sewa untuk lantai paling bawah mencapai Rp 96 ribu. Selisihnya Rp 54 ribu dengan lantai teratas atau lantai 5.

Ketua RT 09, RW 5, Kelurahan Simolawang, Yusuf menjelaska­n bahwa warga Sombo memang tinggal sementara di Indrapura. Meski begitu, mereka sudah dibebani biaya sewa. ’’Kami sudah sepakat dengan tarif. Meski sedikit memberatka­n,’’ katanya.

Sebab, lanjut dia, tarif Indrapura amat jauh berbeda dibandingk­an dengan Sombo. Bahkan, selisihnya lebih dari dua kali lipat. ’’Di Sombo lantai 1 hanya Rp 40 ribu, sedangkan di Indrapura Rp 96 ribu,’’ tambahnya.

Yusuf menyatakan, tambahan pengeluara­n memang sempat diprotes warga. Alasannya, banyak penghuni flat yang kerja serabutan dan pendapatan­nya tak tetap. ’’Namun, pada akhirnya masyarakat sepakat dan bersedia membayar,’’ paparnya.

Yusuf menjelaska­n, masyarakat berharap pembanguna­n blok E dan K Flat Sombo segera rampung. Dengan begitu, warga bisa kembali ke tempat tinggal yang asli. ’’Janjinya bulan keempat tahun depan (2021, Red). Tapi, kami berharap secepatnya bisa selesai,’’ katanya.

Berdasar pantauan, pembanguna­n Flat Sombo memang terus dikebut. Proyek sudah memasuki pemasangan tembok. Pembanguna­n ditargetka­n selesai akhir 2020.

Wakil Ketua RW 5, Kelurahan Simolawang, Sabullah mengatakan bahwa persoalan tarif pemakaian juga sempat dibahas warga. Penghuni flat sudah menyampaik­an aspirasi. ’’Meski dibangun anyar, kami ingin tarif flat tak naik,’’ ungkapnya.

Dia menyebutka­n bahwa Flat Sombo dibangun lebih dulu daripada flat lainnya. Seharusnya ada prioritas untuk penghuni. Sabullah meminta ada pengkajian terkait dengan pendapatan penghuni sebelum menaikkan tarif sewa.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ADA PENAMBAHAN FASILITAS: Kondisi Flat Indrapura yang baru digunakan dan diresmikan pada pertengaha­n Agustus lalu.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ADA PENAMBAHAN FASILITAS: Kondisi Flat Indrapura yang baru digunakan dan diresmikan pada pertengaha­n Agustus lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia