Jawa Pos

Bagikan 3.000 Masker ke Nelayan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meski keseharian­nya melaut, nelayan pun perlu dibekali masker. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah klaster baru di kalangan nelayan. Upaya preventif dilakukan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairu­d) Polda Jatim dengan membagikan masker untuk ratusan nelayan di Surabaya dan Sidoarjo.

Dengan menggunaka­n speed boat milik Ditpolairu­d Polda Jatim, petugas melakukan bakti sosial ke kampung nelayan Greges, Morokremba­ngan, serta Kalanganya­r, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

Wadir Polairud Polda Jatim AKBP Riswanto mengatakan, bantuan masker dan paket sembako itu diberikan sebagai bentuk kepedulian polisi air. Selain itu, aksi tersebut dilakukan untuk membiasaka­n masyarakat, khususnya nelayan, untuk tetap menjaga protokol kesehatan. ”Masker ini kan wajib digunakan dalam aktivitas apa pun. Ya termasuk saat mencari ikan,” jelasnya kemarin (11/9).

Selain itu, hal tersebut dilakukan agar semata-mata mecegah adanya klaster baru persebaran Covid-19 di kalangan nelayan dan pedagang ikan di pasar ikan. Selain menyasar kelompok nelayan di pesisir Surabaya, pihaknya menyasar kelompok petani tambak udang dan pedagang di pasar-pasar ikan di kawasan

Sidoarjo.

Riswanto mengungkap­kan, pemberian masker tersebut juga diberikan kepada masyarakat wilayah setempat dan pengguna jalan. ”Kami sediakan 3.000 masker untuk beberapa tempat itu. Jadi, diharapkan semuanya dapat,” tuturnya.

Dia berharap kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menggunaka­n masker di segala aktivitas. Bukan hanya itu, dia berpesan untuk tetap melaksanak­an dan menerapkan 3M kepada seluruh anggota keluarga nelayan. Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. ”Selanjutny­a bakal merutinkan pembagian masker bersama instansi lain. Utamanya ya di kampung nelayan,” ungkapnya.

 ?? AZAMI RAMADHAN/JAWA POS ?? DEMI KEAMANAN: Wadir Polairud Polda Jatim AKBP Riswanto membagikan masker kepada nelayan yang tengah melaut kemarin.
AZAMI RAMADHAN/JAWA POS DEMI KEAMANAN: Wadir Polairud Polda Jatim AKBP Riswanto membagikan masker kepada nelayan yang tengah melaut kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia