Jawa Pos

Tanam Bonsai di Belakang Ruang IGD RSUD

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Taman di lingkungan RSUD Sidoarjo terus bertambah. Lahan terbuka hijau tidak hanya mempercant­ik lingkungan. Tapi juga dapat membuat hati gembira dan jadi arena berfoto.

Salah satu taman anyar yang ada di rumah sakit pemerintah itu adalah taman bonsai. Taman tersebut terletak di belakang ruang instalasi gawat darurat (IGD). Di taman itu ada sepuluh bonsai yang tertata apik di dalam pot. Diletakkan di pinggir taman.

Salah satu bonsai yang menarik perhatian adalah bonsai bugenvil yang ada di pot paling ujung. Bonsai tersebut tidak hanya berupa pohon dan daun. Ada banyak bunga warna merah yang tumbuh di dahannya. Hal itu menambah pemandanga­n taman sedap dipandang.

Sebelum dijadikan taman bonsai, di dalam lahan tersebut sudah ada tanamannya. ”Ada pohon pule yang besar,” kata Direktur RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan SpP. Pohon tersebut memang membuat rindang lingkungan. Tapi, pohon besar itu juga menimbulka­n kerusakan.

Akar pohon yang menjalar di bawah tanah merusak saluran air. Hingga akhirnya Atok memiliki ide untuk mengganti tanam tersebut dengan yang lain. Lahan tepat di belakang IGD itu dijadikan taman.

”Saya ubah jadi taman bonsai,” lanjutnya. Taman yang berada tepat di pinggir jalan menuju area belakang RSUD tersebut mampu menarik perhatian. Warga yang menunggu kerabat sering berada di depan taman.

Bukan hanya itu, taman tersebut juga membuat lingkungan lebih aman. Saluran air tidak mengalami kerusakan. Dengan begitu, jika terjadi hujan, saluran bisa berfungsi maksimal.

 ?? MAYA A/JAWA POS ?? ASRI: Lahan belakang ruang IGD RSUD Sidoarjo diubah menjadi taman bonsai. Bisa digunakan bersantai dan spot foto.
MAYA A/JAWA POS ASRI: Lahan belakang ruang IGD RSUD Sidoarjo diubah menjadi taman bonsai. Bisa digunakan bersantai dan spot foto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia