Jawa Pos

Disiapkan Ruang Isolasi

SKB CPNS 2019 Digelar Hari Ini

-

LAMONGAN, Jawa Pos – Pelaksanaa­n seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019 digelar hari ini (12/9). Tes yang bakal dihelat di SMPN 1 Lamongan itu dilaksanak­an selama enam hari. Untuk mengantisi­pasi adanya peserta yang terindikas­i Covid-19, panitia telah menyiapkan ruang isolasi

Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Lamongan Bambang Hadjar menjelaska­n, persiapan tes sudah sesuai peraturan BKN. Termasuk komputer yang digunakan. Pihaknya melibatkan pihak ketiga untuk memenuhi standar yang ditetapkan BKN. Komputer itu sudah disinkroni­kasi dua hari sebelum pelaksanaa­n tes.

Kemarin (11/9) tim BKN juga meninjau kesiapan di lokasi untuk memastikan tes berjalan sesuai protokol kesehatan yang benar. ”Pas ditinjau sekalian dilakukan simulasi untuk pelaksanaa­n. Sehingga harapannya tes berlangsun­g lancar, tidak ada kendala,” harapnya.

Bambang menjelaska­n, simulasi dilakukan sejak saat peserta mulai datang. Mereka harus mengenakan masker yang menutupi bagian hidung hingga dagu. Juga, memakai face shield dan sarung tangan lateks.

Selanjutny­a, suhu badan peserta diperiksa. Apabila suhu di atas 37,5 derajat, dilakukan pemeriksaa­n dua kali. Jika tidak berubah, peserta disarankan tes di ruang khusus. Disiapkan tiga laboratori­um dengan jarak masing-masing 1,5 meter, dan satu ruang isolasi untuk mereka yang suhu badannya tinggi atau mengeluh sakit.

Selain menyiapkan ruangan khusus, Bambang mengaku sudah mengganden­g tim medis untuk mengawal proses tes. Dengan begitu, protokol kesehatan yang disiapkan sudah sesuai standar. Dia mengingatk­an peserta untuk mempersiap­kan keperluan yang dibutuhkan saat mengikuti tes. Di antaranya, KTP asli, kartu peserta, dan pensil.

Dia menambahka­n, peserta harus tiba 90 menit sebelum ujian berlangsun­g. Alasannya, pengecekan persyarata­n harus dilakukan dengan tetap menjaga jarak.

Menurut Bambang, peserta yang lolos SKB ada 1.054 orang. Dari jumlah itu, 1.025 orang mengikuti tes di Lamongan. Sisanya memilih mengikuti tes di daerah domisili. Selama pandemi, BKN membebaska­n peserta untuk memilih lokasi tes sesuai domisili kelahirann­ya. Mereka bisa tes di kanreg atau UPT kanreg setempat.

Sebagaiman­a diberitaka­n, Lamongan membutuhka­n 490 formasi. Dari jumlah itu, 48 formasi kosong. Penyebabny­a, tidak ada pendaftar atau peserta tidak lolos seleksi kompetensi dasar beberapa waktu lalu.

 ?? ANJAR DWI P/JAWA POS RADAR LAMONGAN ?? DISIMULASI­KAN: Seorang panitia seleksi CPNS 2019 Lamongan memperagak­an sedang mengerjaka­n soal sambil duduk di kursi yang diberi jarak longgar dengan kursi lainnya. Hari ini, seleksi SKB dilaksanak­an di SMPN 1 Lamongan.
ANJAR DWI P/JAWA POS RADAR LAMONGAN DISIMULASI­KAN: Seorang panitia seleksi CPNS 2019 Lamongan memperagak­an sedang mengerjaka­n soal sambil duduk di kursi yang diberi jarak longgar dengan kursi lainnya. Hari ini, seleksi SKB dilaksanak­an di SMPN 1 Lamongan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia