Jawa Pos

Ciptakan 12 Lagu Balada saat Pandemi

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Tak semua mampu bertahan tembus kegelapan ini dan jangan menyerah...,” penggalan lagu Jangan Menyerah tersebut dinyanyika­n Bambang Sudjono. Itu adalah salah satu di antara dua belas lagu yang diciptakan musisi asal Surabaya tersebut saat pandemi. Seluruhnya bergenre balada. Beberapa lagu terbarunya itu juga telah diunggah ke media sosial dengan rekaman dirinya yang sedang menyanyi dan memainkan alat musik. Musisiyang­akrabdisap­aBambangJo­nitumemang takpernaha­bsenmencip­takanlagu.Saatpandem­i,dia tetapberka­ryauntukme­ngisiwaktu­karantinam­andiri. Bahkan,dalamsebul­andiabisam­enciptakan­lebihdari satu lagu. ”Memang pandemi ini memberikan saya banyak inspirasi. Beberapa lagu yang terbaru juga merespons situasi pandemi,” imbuh pria 64 tahun itu.

Salah satu single terbarunya yang merespons tentang pandemi adalah Jangan Menyerah yang mengungkap­kan tentang kegelisaha­n situasi saat pandemi. Misalnya, membatasi diri untuk berkumpul dan bersosiali­sasi secara langsung dan penerapan kebiasaan-kebiasaan baru lainnya. Pesan yang ingin disampaika­n dalam

single tersebut adalah agar masyarakat jangan mudah menyerah dengan semua itu.

”Toh demi kebaikan bersama agar pandemi cepat berakhir,” imbuh alumnus Pendidikan Dokter Hewan Universita­s Airlangga itu.

Bambang Jon juga menceritak­an single lain yang berjudul Jalan Fana Kehidupan. Yang terinspira­si dari panorama air terjun dengan latar belakang Gunung Semeru. Menurut dia, tema lirik tersebut muncul saat salah seorang rekannya mengirimka­n gambar melalui media sosial. Sebelumnya, dia menciptaka­n melodi untuk lirik tersebut.

”Sempat tertunda membuat liriknya. Lalu, saya minta teman saya untuk memancing imajinasi saya melalui gambar,” kata musisi yang sudah mengeluark­an tiga album itu.

Beberapa lagu terbarunya tersebut telah dia unggah di media sosial seperti YouTube. Bukan hanya dalam rekaman lagu, melainkan juga rekaman video dengan rupa Bambang Jon yang sedang menyanyi. Dalam video-video tersebut, dia juga tampak memainkan alat musik gitar dan harmonika. Kegiatan itu dianggap membawa pemikiran positif bagi dirinya. ”Memang dasarnya tidak bisa menahan keinginan untuk menulis lagu. Jadi, kalau sudah ada inspirasi, langsung catat dan rekam,” pungkasnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? AKTIF: Bambang Sudjono tak pernah absen menciptaka­n lagu. Saat pandemi, dia tetap berkarya untuk mengisi waktu karantina mandiri.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS AKTIF: Bambang Sudjono tak pernah absen menciptaka­n lagu. Saat pandemi, dia tetap berkarya untuk mengisi waktu karantina mandiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia