Jawa Pos

Rachel Jalani Pengangkat­an Rahim

Ussy Sulistiawa­ty Jadi Donor ASI Bayinya

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kondisi artis yang kini menjadi politikus, Rachel Maryam, terus membaik. Saat dihubungi kemarin siang (7/10), adik Rachel, Tamara Aisyah Sayidina, menyampaik­an bahwa anggota DPR dari Partai Gerindra itu sudah keluar dari ruang ICU. Rachel dirawat di ICU karena mengalami pendarahan setelah melahirkan anak keduanya, Muhammad Eijaz Mata Air, pada Jumat lalu (2/10) di RSIA Bunda.

Lewat Tamara, Rachel mengatakan bahwa kini dirinya sudah bersama sang putra dan tengah berbahagia. ’’Rachel sudah dirawat di kamar biasa. Masa kritis sudah lewat dan sekarang lagi pemulihan,’’ tambah Tamara lewat pesan teks.

Kondisi Eijaz yang lahir melalui operasi Caesar juga sehat. Bayi lakilaki itu lahir dengan berat 3,78 kg dan panjang 50 cm. Foto Eijaz yang bertatap muka dengan Rachel sempat bermuncula­n di media sosial.

Setelah bersalin, Rachel mengalami komplikasi yang hingga kini belum dijelaskan penyebabny­a. Komplikasi tersebut mengakibat­kan pendarahan hebat. Hal itu membuat tim dokter harus segera bertindak untuk mencegah akibat fatal. Akhirnya, sebuah keputusan diambil. Tim dokter melakukan operasi kembali. Rahim Rachel pun diangkat. Rachel menerima enam kantong darah dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Pada Sabtu siang (3/10), beredar kabar bahwa Rachel koma setelah mengalami pendarahan. Rachel dengan tegas membantah hal tersebut. Dia menjelaska­n bahwa dirinya sengaja dibuat tidak sadar oleh tim medis selama dua hari dari total empat hari. ’’Itu untuk kenyamanan pasien. Jadi, kurang tepat kalau disebut koma,’’ ujar Rachel.

Selain mendapat donor darah untuk dirinya, Rachel menerima bantuan donor ASI untuk Eijaz. Para sahabat Rachel bersedia menjadi donor. Salah satunya presenter Ussy Sulistiawa­ty. ’’Pokoknya kami berterima kasih buat orang-orang berhati mulia yang sudah membantu kami di masa sulit,’’ tambah Rachel.

Rachel dan keluargany­a juga memohon maaf karena belum bisa membalas berbagai ucapan dan doa yang masuk lewat direct message di Instagram. Kini yang perlu dilakukan Rachel adalah beristirah­at sambil dipantau tim medis rumah sakit.

 ?? ILUSKA PHOTOGRAPH­IA VIA INSTAGRAM RACHEL MARYAM ?? PEMULIHAN: Rachel Maryam ditemani suami, Edwin Aprihandon­o, sebelum persalinan anak keduanya.
ILUSKA PHOTOGRAPH­IA VIA INSTAGRAM RACHEL MARYAM PEMULIHAN: Rachel Maryam ditemani suami, Edwin Aprihandon­o, sebelum persalinan anak keduanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia