Jawa Pos

Hari Ini, Buruh Sampaikan Aspirasi ke DPRD dan Gubernur

-

SURABAYA, Jawa Pos – Aksi penolakan terhadap pengesahan UU Cipta Kerja masih mengalir. Aliansi serikat pekerja se-Jawa Timur berencana melakukan demonstras­i besar-besaran hari ini (8/10). Hari ini mereka meminta dukungan DPRD Jatim dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk ikut menolak omnibus law tersebut.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) Jatim Ali Muchsin menyatakan bahwa semua persiapan aksi sudah selesai. Menurut dia, sekitar 15 ribu orang akan turun ke jalan. Konsentras­i massa bakal terpusat di Gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura. ”Semua siap aksi besok (hari ini, Red),” kata Ali kepada Jawa Pos kemarin (7/10).

Massa buruh dari berbagai aliansi bakal datang dari berbagai kota di Jatim. Khususnya di wilayah ring 1. Mulai Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, hingga Mojokerto. Dalam aksi itu, jelas Ali, pihaknya akan menyampaik­an sejumlah tuntutan. Yang paling utama adalah menolak pemberlaku­an UU Cipta Kerja. ”Kami desak dibatalkan. Tapi, karena UU Cipta Kerja sudah disahkan DPR, opsi lain adalah meminta presiden mengeluark­an perppu (peraturan pemerintah pengganti undang-undang),” tegasnya

Sikap organisasi buruh tersebut bakal disampaika­n kepada DPRD Jatim dan gubernur. Pihaknya berharap wakil rakyat dan gubernur ikut menolak UU Cipta Kerja. ”Ini sebagai bentuk keberpihak­an terhadap rakyat,” ujarnya.

Selain unjuk rasa, buruh di Jatim ikut melakukan gerakan mogok nasional sebagai bentuk solidarita­s. Mogok kerja dilakukan sejak Senin (5/10) hingga hari ini. Itulah bentuk protes menentang UU Cipta Kerja yang akan merugikan kalangan pekerja.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PROTES: Tukang becak melintasi mural karya Serikat Mural Surabaya yang bertema penolakan terhadap omnibus law dan UU Cipta Kerja di Jalan Dinoyo kemarin (7/10).
DIPTA WAHYU/JAWA POS PROTES: Tukang becak melintasi mural karya Serikat Mural Surabaya yang bertema penolakan terhadap omnibus law dan UU Cipta Kerja di Jalan Dinoyo kemarin (7/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia