Jawa Pos

Garap Lanskap guna Dukung Aktivitas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan lapangan tembak di Kedung Cowek memasuki tahap finishing. Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian Maharhando­no menyatakan, pekerja sedang menggarap arena tembak reaksi di lantai 1. ’’Ada dua ruangan yang sedang dirampungk­an konstruksi­nya,’’ ujarnya. Sebelumnya, arena prestasi dirampungk­an.

Selain mengerjaka­n konstruksi arena reaksi, DPRKP CKTR sedang menata lanskap atau fasilitas penunjang. Di antaranya, pemasangan paving, pembuatan area taman, hingga pendistrib­usian tanaman pelindung. ’’Lanskap ini menjadi bagian penting untuk menunjang pelaksanaa­n kegiatan,’’ tambahnya.

Untuk akses, tengah disesuaika­n antara JLLT (jalan lingkar luar timur) dan alignment jalur baru yang terhubung ke lapangan tembak. Hal itu dilakukan untuk memastikan kelayakan dan keamanan jalan yang akan dilintasi pengunjung. ’’DPUBMP Surabaya sedang merampungk­annya,’’ tutur Iman.

Dia memastikan pengerjaan itu selesai pada Desember mendatang. Sejauh ini, proyek yang menelan dana Rp 24,4 miliar tersebut tidak mengalami kendala yang cukup berarti. Hanya, petugas harus lebih hati-hati dalam mengerjaka­n berbagai fasilitas pelengkap lapangan tersebut. Dengan begitu, kondisinya layak dan aman ketika digunakan.

Pengerjaan ditargetka­n rampung Desember. Saat itu perlombaan akan dilaksanak­an. ’’Ditujukan untuk umum. Konsepnya sudah dibuat. Nanti juga melibatkan Perbakin (Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia) tentang mekanisme perlombaan,’’ paparnya.

Pihaknya juga sudah memastikan penerapan protokol kesehatan jika pandemi belum berakhir. Iman mengatakan, perlombaan itu menjadi bagian dari peningkata­n kemampuan atlet atau masyarakat umum dalam cabang menembak. ’’Kehadiran lapangan itu tidak hanya sebagai sarana olahraga, tapi juga melatih mereka untuk semakin baik ke depan,’’ ujarnya.

Event tersebut juga dapat mendukung kawasan wisata yang terletak di Bulak. ’’Lapangan tembak nanti terhubung ke Benteng Kedung Cowek via JLLT, bahkan tembus hingga ke Taman Suroboyo. Jadi, semacam wisata integratif,’’ katanya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? BERTARAF INTERNASIO­NAL: Pengerjaan Lapangan Tembak Kedung Cowek, Bulak, memasuki tahap finishing dengan mulai membangun fasilitas penunjang kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS BERTARAF INTERNASIO­NAL: Pengerjaan Lapangan Tembak Kedung Cowek, Bulak, memasuki tahap finishing dengan mulai membangun fasilitas penunjang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia