Jawa Pos

Manfaatkan Ekstrak Daun Ashitaba di Plester Luka

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mahasiswa Universita­s Airlangga (Unair) menorehkan prestasi di ajang Program Kreativita­s Mahasiswa (PKM) 2020. Total ada 48 tim Unair yang berhasil mendapatka­n pendanaan proposal yang diajukan pada PKM 2020. Salah satunya adalah tim PKM bidang kewirausah­aan dari fakultas keperawata­n (FKp) dan fakultas farmasi (FF).

Mereka terdiri atas Tya Wahyun Kurniawati, Ika Zulkafika Mahmudah, Malinda Kurnia Putri, Mazhar Ardhina Silmi, dan Diah Ayu Laraswati. Ketua Tim PKM-K Tya Wahyun Kurniawati mengatakan, inovasi tersebut berawal dari pengamatan terhadap penggunaan plester luka di masyarakat. Berdasar data yang dikumpulka­n, ditemukan bahwa pangsa pasarnya mampu mencapai angka 75,5 persen.

’’Hal itu menunjukka­n tidak sedikit masyarakat yang menggunaka­n plester luka. Namun, banyak dari mereka yang kurang paham pemilihan jenis yang baik untuk luka,” katanya.

Lima mahasiswa tersebut membuat inovasi baru tentang plester luka. Bentuknya proposal karya ilmiah berjudul Produk Inovasi Dressing Luka Berbasis Hydrogel dengan Ekstrak Daun Ashitaba untuk Membantu Proses Penyembuha­n Luka.

Wahyun mengungkap­kan, timnya juga membuat produk ASHIDRESS. Yakni, produk dressing luka yang memiliki kandungan ekstrak daun ashitaba. Daun tersebut telah terbukti memiliki kandungan yang multikhasi­at. ’’Penambahan ekstrak daun ashitaba terletak pada sentral dressing,’’ ujarnya.

Menurut dia, produk tersebut terbuat dari ekstrak murni yang berasal dari bahan alami .’ Dan memudahkan untuk mendapatka­n sertifikas­i halal untuk menjamin keamanan produk,’ imbuhnya.

Wahyun menambahka­n, banyak senyawa yang terkandung dalam daun ashitaba. Di antaranya, alkaloid, saponin, glikosida, tanin, vitamin, mineral, dan asam folik.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? KETUA TIM: Tya Wahyun Kurniawati.
SEPTINDA AYU/JAWA POS KETUA TIM: Tya Wahyun Kurniawati.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia