Jawa Pos

Sanksi Sosial untuk Anak Usia Belasan yang Tak Bermasker

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Tak henti-hentinya aparat gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Sidoarjo menegakkan kedisiplin­an untuk patuh protokol kesehatan. Operasi yustisi yang dilakukan tak pernah kendur. Bahkan, setiap hari masih banyak pelanggar yang terjaring. Sebagaiman­a di persimpang­an tiga Gading Fajar, Desa Sumokali, Kecamatan Candi, Selasa malam (6/10).

Para petugas menemukan sejumlah warga yang berkeluyur­an tak memakai masker. Di antaranya, terdapat pelanggar di bawah umur sekitar belasan tahun. Mereka ikut ditertibka­n dan dihukum. Namun, bukan penyitaan kartu identitas dan denda, melainkan sanksi sosial. Mereka disuruh bersalawat di pinggir jalan.

Selain penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan, pihak Polresta Sidoarjo menilang pengendara sepeda motor yang tidak mematuhi tata tertib berlalu lintas, terutama penggunaan helm.

Kanitlaka Lantas Polresta Sidoarjo AKP Sugeng Sulistiyon­o menyampaik­an hasil kegiatan tersebut. Pihaknya berhasil menjaring 16 pelanggar protokol kesehatan. Rata-rata penyebab pelanggara­n adalah tak pakai masker.

”Sesuai Inpres Nomor 6 Tahun 2020, pendisipli­nan ini terus digaungkan,” jelasnya.

Sugeng berharap operasi yustisi tersebut dapat meningkatk­an ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan. Mereka, harap dia, semakin sadar dan terbiasa untuk beradaptas­i dengan kebiasaan baru, baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah.

”Jika patuh, kita bisa berkontrib­usi dalam memutus mata rantai persebaran Covid-19 di Kota Delta,” tuturnya.

 ?? POLRESTA SIDOARJO FOR JAWA POS ?? TINDAK TEGAS: Aparat gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Sidoarjo melakukan operasi yustisi di persimpang­an tiga Gading Fajar, Desa Sumokali, Kecamatan Candi, Selasa malam (6/10).
POLRESTA SIDOARJO FOR JAWA POS TINDAK TEGAS: Aparat gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Sidoarjo melakukan operasi yustisi di persimpang­an tiga Gading Fajar, Desa Sumokali, Kecamatan Candi, Selasa malam (6/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia